Sukses

5 Perawatan Mobil Ini Bisa Dilakukan Sendiri

Urusan memperbaiki mobil tak harus selalu ke bengkel. Bisa juga melakukannya sendiri. Tentu perbaikan tersebut dilakukan jika kerusakannya tak parah.

Liputan6.com, Jakarta Urusan memperbaiki mobil tak harus selalu ke bengkel. Bisa juga melakukannya sendiri. Tentu perbaikan tersebut dilakukan jika kerusakannya tak parah.

Dilansir Autoindustriya, ada 5 bagian mobil yang bisa Anda perbaiki atau perawatan sendiri di rumah dengan alat-alat sederhana, seperti obeng.

1. Filter Kabin

Bagian ini perlu diperhatian dan dirawat untuk kenyamanan di dalam kabin. Pendingin udara juga bisa beroperasi maksimal apabila filter kabin tidak ada masalah.

Paling sering dijumpai adalah filter kabin yang tersumbat, tanda-tandanya adalah angin yang berhembus lemah dan AC tidak dingin. Ketika tidak mengetahui tempat filter tersebut, Otolovers bisa mengetahui di buku manual mobil.

Setelah itu, tinggal cari filter mobil yang dimaksud dan segera ganti dengan yang baru agar performa bisa maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Wiper Blades

Wiper mempunyai fungsi penting saat terjadi hujan untuk menjaga visibilitas pengemudi. Nah, tentu saja bagian ini memerlukan perawatan dan penggantian komponen.

Tandanya bisa diketahui dari tanda atau coretan yang berbekas saat wiper diaktifkan. Selain itu, ada suara seperti decitan yang terdengar. Hal ini biasanya terjadi karena pisau wiper yang sudah aus.

Cara pertama untuk menggantinya adalah ukur bilah pisau dari wiper mobil. Kemudian segera beli baru komponen itu dan selanjutnya pemasangan. Biasanya saat membeli pisau wiper sudah ada petunjuk cara pemasangannya.

3 dari 5 halaman

3. Pencahayaan Mobil

Bagian ini bisa Anda perbaiki di rumah dengan mudah. Pertama pastinya harus cek keseluruhan pencahayaan yang ada mulai dari depan hingga belakang.

Kemudian segera pergi lampu baru untuk mengganti yang rusak. Pastikan dengan model yang sesuai dengan mobil. Selanjutnya segera bongkar dan pasang lampu yang baru.

Namun untuk mobil dengan sistem LED lebih baiknya menyerahkan urusan perbaikan ke bengkel resmi. Karena terkadang ada penyesuaian dengan komputer.

4 dari 5 halaman

4. Pelumas Mobil

Pelumas mempunyai peran penting untuk menjaga performa mobil. Pastinya bisa habis juga. Jika hal ini terjadi, Anda bisa menggantinya sendiri di rumah dengan membeli baru dan mengisinya dengan yang baru. Yang terpenting dari hal ini adalah periksa buku manual dari mobil. Ikuti petunjuk yang ada.

5 dari 5 halaman

5. Mencuci Mobil

Ini perawatann mudah yang bisa Anda lakukan sendiri. Paling penting adalah beli shampo yang memang khusus mobil. Selanjutnya persiapkan peralatan yang diperlukan dan segera beraksilah mencuci mobil

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini