Pilihan Head Unit Mobil High-end di GIIAS 2019

Oleh Arief Aszhari pada 26 Jul 2019, 14:03 WIB
Diperbarui 26 Jul 2019, 14:17 WIB
Pilihan Headunit Mobil Untuk Pecinta Audio Kelas Tinggi (Arief A/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Mengganti sistem perangkat hiburan, seperti head unit (HU) di dalam mobil kini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Terlebih, bagi pemilik kendaraan yang memang menjadi pecinta audio kualitas tinggi.

Nah, untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, salah satu merek sistem hiburan mobil, Asuka Car Tv memperkenalkan HU terbarunya, TR-310. Produk ini ditunjukan bagi audiophile atau para pecinta lantunan audio kualitas tinggi. Di dalam HU ini, terdapat sistem high-end profesional audio DSP.

Dengan sistem tersebut, HU ini diklaim mampu memproses input audio signal lewat algoritma khusus. Mampu mencapai SNR (Signal to Noise Ratio) value hingga 98 dB. Artinya, ia memiliki throughput maksimal dan stabil.

Dengan layar 10 inci, pemilik mobil dapat menikmati gambar yang lebih tajam. Selain itu, HU ini memiliki fungsi sebagai pusat kontrol sistem hiburan yang dapat menampilkan video, musik yang ada di playlist, hingga panggilan smartphone pengendara.

"Asuka TR-310 sudah mendukung smartphone mirroring yang sangat bermanfaat jika kita menginginkan hiburan online di dalam mobil. Jadi, bisa terhubung dan dapat memutar seperti aplikasi video, musik, dan navigasi, spotify, Googlemaps, dan lain-lain," jelas Marketing Manager Asuka Car TV, Albert Lim, di GIIAS 2019, ICE BSD, Tangerang Selatan.

Lanjutnya, HU ini juga dilengkapi fitur dan aksesori seperti steering wheel control, parking camera dan Built-In Tuner TV Digital. Sedangkan equalizer-nya, mempunyai dua pilihan pengaturan Quick Mode dan Profesional Mode.

Terdapat 12 preset yang bisa dipilih pada head unit ini, seperti loudness, bass, mid, treble, serta balance/fader adjusment. Pilihan kedua, juga dengan time alignment, balance/fader adjustment, crossover filter adjusment, individual 16-band graphic EQ dan Q factor adjusment, dan bass enhancement.

 

2 dari 3 halaman

TPMS Asuka

Selain menghadirkan HU baru, Asuka juga membawa alat pemantau tekanan ban atau Tire Pressure Monitoring System. Model tersebut, adalah TPMS TPS-100 yang dapat terhubung langsung oleh HU.

Namun, tidak sembarang HU yang bisa terhubung, karena modul TPMS ini baru kompatibel dengan HU Asuka PTA series.

"Informasi yang diberikan alat ini, mencakup temperatur ban, notifikasi ban kurang angin, kelebihan angin dan adanya penurunan tekanan angin secara drastis. Alat ini memakai baterai pada sensornya dan bila sudah habis bisa diganti," beber Albert.

Ada 2 macam komponen di perangkat itu. Pertama, komponen kecil yang dipasangkan di setiap pentil ban dengan bluetooth, serta unit receiver untuk menerima data dari sensor yang dihubungkan langsung ke head unit.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓