Canggih, Mesin DFSK Glory i-Auto Bisa Dihidupkan Melalui Perintah Suara

Oleh Septian Pamungkas pada 25 Jul 2019, 13:01 WIB
Diperbarui 25 Jul 2019, 13:17 WIB
DFSK

Liputan6.com, Tangerang - DFSK Glory i-Auto melakukan debutnya di GIIAS 2019. Saat ini statusnya masih sebagai model konsep namun calon konsumen yang berminat sudah bisa melakukan pemesanan karena peluncurannya dipastikan berlangsung semester dua tahun ini.

Disebutkan, Glory i-Auto dibangun berdasarkan Glory 580. Namun Glory i-Auto mendapat 21 item tambahan dibanding varian tertinggi Glory 580.

Glory i-Auto memiliki empat selling point, di antaranya i-Talk, Intelligent Feature, Prominent Design, dan Powerful Performance.

"Kami mengetahui ke depannya arah dari perkembangan otomotif akan mengarah ke aspek kecerdasan kemudian bisa interkontektivitas, sharing dan lain-lain, akan menjadi fokus utama dari perkembangan dunia otomotif. Indonesia sebagai pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara atau ASEAN tentunya ikut serta dalam pengembangan dari aspek ini," ujar Major Qin Head of Marketing Team PT Sokonindo Automobile di GIIAS 2019.

Ricky Humisar Siahaan, Deputy Product Division Head PT Sokonindo Automobile menyebut, voice assistant menjadi fitur yang diunggulkan Glory i-Auto.

"Pengemudi dan kendaraan bisa berinteraksi lewat suara dan pengemudi dapat melakukan perintah kepada kendaraan lewat ucapan yang nantinya akan direspon oleh kendaraan," ujarnya.

Ada 59 perintah suara yang bisa diterima oleh fitur ini yang nantinya akan dibagi menjadi 4 kategori, seperti phone, voice navigation, media control, car feature voice control.

Menariknya, perintah suara ini bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan mesin. "Cukup sebut, "Haii Glory Engine On", maka secara otomatis mesin pada kendaraan akan hidup.

Selain itu, car feature voice control bisa untuk mengaktifkan instrumen-instrumen yang dibutuhkan pada saat berkemudi seperti menghidupkan lampu utama atau wiper.

 

2 dari 2 halaman

Riset Masih Berlangsung

Berbeda dengan Wuling Indonesian Command (Wind) yang perintah suaranya menggunakan bahasa Indonesia, voice assistant Glory i-Auto ini masih menggunakan bahasa Inggris. Namun tidak menutup kemungkinan saat diluncurkan nanti sudah menggunakan bahasa Indonesia.

"Tim kami dalam pengembangan produk terus melakukan riset. Secara default memang masih bahasa Inggris, tapi dalam serangkaian riset baik itu harga kemudian ada tidak masukan konsumen terkait fitur-fitur yang nantinya jadi bahan pertimbangan bukan tidak mungkin bisa kita develop ke dalam bahasa,"

"Malah saya berpikir kali saja bisa pakai bahasa Batak kali saja di daerah Sumatera banyak pembelinya. Kemungkinan itu (berbahasa Indonesia) masih ada," jelas Ricky.

Menyoal harga, DFSK Glory i-Auto diperkirakan tidak terlalu jauh dari varian tertinggi Glory 580 yang menjadi basisnya. Dan yang pasti, mobil ini sudah bisa dipesan.

"Sudah boleh (SPK). Jadi kami memberikan kesempatan pengunjung yang datang ke booth DFSK kalau tertarik dengan Glory i-Auto bisa langsung (SPK). DP-nya enggak gede kok cuma 5 juta rupiah sudah bisa SPK sampai dengan 28 Juli. Baru nanti pas launching kami informasikan harga dan lain-lainnya," tutup General Marketing Manager PT Sokonindo Automobile, Permata Islam.

Lanjutkan Membaca ↓