Sukses

Motor Listrik Futuristis Honda Harganya Rp16 Jutaan

Honda saat ini memiliki skutik listrik dengan harga terjangkau bernama Honda V-GO yang dibanderol CNY7.988 atau setara Rp16,2 jutaan (Kurs CNY1 = Rp2.034).

Liputan6.com, Beijing - Pabrikan roda dua turut mengembangkan motor listrik, seakan-akan tak mau kalah dengan pabrikan mobil yang mengembangkan mobil listrik. Misalkan saja PT Astra Honda Motor (AHM) yang memiliki Honda PCX Electric. Sayangnya, motor listrik tersebut belum dijual di Indonesia.

Hal berbeda justru terjadi di Cina. Mengutip dari Xcar.com.cn, Honda saat ini memiliki skutik listrik dengan harga terjangkau bernama Honda V-GO yang dibanderol CNY7.988 atau setara Rp16,2 jutaan (Kurs CNY1 = Rp2.034).

Diciptakan untuk kendaraan harian, Honda V-GO memiliki dimensi yang tak terlalu besar dengan panjang 1.671 mm, lebar 665 mm, dan tinggi 1.038 mm, serta ground clearance 132 mm.

Dengan dimensi yang cenderung kecil, motor listrik Honda V-GO hanya dapat mengangkut 1 penumpang. Meski demikian, joknya cukup panjang dan lebar sehingga nyaman saat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimensi

Di bawah jok juga terdapat bagasi yang cukup luas. Konsol depannya memiliki laci penyimpanan kecil, USB power-socket, dan sistem smart-key atau keyless. Di tengahnya ada soket untuk pengisian daya baterai.

Honda V-GO juga kental dengan nuansa futuristis. Skuter listrik ini berbentuk boxy atau mengotak dan sektor depannya dibekali V-shape LED DRL yang dipadu LED headlight.

Lampu belakangnya juga memiliki bentuk V-shape dan tentu telah menggunakan LED, begitu juga dengan lampu sein di sampingnya.

3 dari 3 halaman

Lokasi Motor Elektrik

Pelek belakangnya terhubung langsung ke motor elektrik. Mengandalkan ban berukuran 70/90-10, roda ini dikawal rem tromol. Sedangkan roda depannya berukuran 70/90-12 dan dibekali rem cakram.

Menggunakan baterai berkapasitas 20Ah 48V, Honda V-GO dapat menempuh jarak maksimal 60 km dengan kecepatan konstan 20 km/jam, tak terlalu jauh untuk sebuah skuter listrik, namun cukup bagi mobilitas harian.

Menariknya, baterai ini terletak di bawah floorboard atau dek kaki. Namun, Honda mengatakan bahwa Honda V-GO aman digunakan saat melibas banjir dengan ketinggian sewajarnya.

Ada 2 mode berkendara pada Honda V-GO. Logonya unik, bergambar kelinci untuk kecepatan maksimal 55 km/jam dan kura-kura dengan speed-limit 40 km/jam.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.