Sukses

Mau Mobil Baru di GIIAS 2019, Mana yang Tercepat Dikirim ke Rumah?

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 menjadi ajang pamer teknologi andalan setiap pabrikan sekaligus meluncurkan mobil baru.

Liputan6.com, Jakarta - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 menjadi ajang pamer teknologi andalan setiap pabrikan sekaligus meluncurkan mobil baru.

Satu hal yang perlu diketahui masyarakat, adalah kapan mobil incarannya diantarkan ke rumah? Distribusi ke konsumen merupakan momen yang perlu Anda perhitungkan. Salah-salah, malah Anda bosan menunggu unit tiba.

Oto.com menurunkan tiga personel ke lapangan untuk mengulik variabel ini. Zenuar Yoga, Ary Dwinoviansyah, dan Helmi Afriandi mengumpulkan data-data ini, untuk Anda. Mobil yang kami sajikan, merupakan pilihan redaksi Oto.com.

DFSK Glory i Auto

PT Sokonindo Automobile (DFSK) mengenalkan produknya, Glory i-Auto di GIIAS 2019. Memang belum langsung dipasarkan. Lantas kapan Glory i-Auto secara resmi dijual?

"Peluncuran juga pengiriman unit Glory i-Auto baru kami lakukan pada kuartal keempat tahun ini," jawab Franz Wang, Managing Director PT Sokonindo Automobile ketika kami tanya, Senin (22/7). Begitu pula soal harga, Franz baru bisa menginformasikan saat pemasaran resminya kelak. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mitsubishi Eclipse Cross

Eclipse Cross menjadi line up mobil baru Mitsubishi di ajang GIIAS 2019. Harga jualnya berada di rentang Rp 478-483 juta. Dengan banderol itu, Anda bisa mendapat ragam fitur canggih. Seperti touchpad untuk kontrol sistem infotainment, Head Up Display (HUD), Forward Collision Mitigation System (FCM), blind spot warning, hill start assist, dan banyak lagi. Selain fitur yang melimpah, tampangnya juga sangat atraktif dan beda dari yang lain. Menurut Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing PT MMKYSI, SUV cantik ini sudah bisa sampai ke tangan konsumen September. 

Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi juga mengekspos Outlander PHEV di GIIAS 2019. Kalau dengar harganya pasti cukup takjub, Rp 1,289 miliar. Tak lain, hal ini akibat penggunaan mesin 2.4 liter yang dikawinkan dengan motor listrik. belum lagi, penggeraknya empat roda. Walau belum difokuskan untuk mencapai target penjualan. Menurut Irwan, pihaknya siap mendistribusikan mobil ini November. 

 

3 dari 5 halaman

Nissan X-Trail 

Nissan Indonesia resmi meluncurkan X-Trail terbaru di GIIAS 2019. Mobil yang masuk dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV) itu, mengalami sejumlah ubahan, terutama dari bagian eksteriornya. SUV itu tampil dengan styling ala Nissan X-Trail Facelift di Thailand dan juga Malaysia. Untuk facelift versi Indonesia, mendapatkan grille dan bumper depan yang lebih sporty. Selain itu, ada sedikit ubahan pada detail lampu utama. Beberapa ubahan juga terlihat di Panoramic Sunroof, Intelligent Cruise Control, pelek 19 inci dan foot sensor di pintu belakang.

Soal harga, Nissan membanderol SUV 7 penumpang itu dengan harga Rp 530 juta OTR Jakarta. Harga itu berlaku untuk tipe VL Auto yang merupakan varian satu satunya. Mobil yang didatangkan dengan status CBU dari Jepang itu, mulai didistribusikan ke konsumen pada Agustus 2019. 

 

4 dari 5 halaman

Renault Triber

Nah, yang satu ini harganya masih simpang siur. Sejak hari pertama diluncurkan, belum juga diumumkan. Kabar yang beredar terakhir, harga jualnya sekitar rp 130-150 jutaan off the road. Spesifikasi yang dimiliki Triber memang cukup menarik. Apalagi ia disiapkan untuk masuk ke segmen berat, LMPV. Davy J. tuilan, COO Maxindo Renault Indonesia mengatakan, pihaknya mendistribusikan mobil ini di Desember 2019. 

Renault Duster Facelift

Renault Duster facelift baru saja diluncurkan. Unit yang masuk ke Indonesia kini bermesin bensin dan memiliki penggerak 4x2. Transmisinya juga sudah pakai CVT. Beberapa penyegaran di eksterior turut dilakukan. Mulai dari grille, headlight, garnish di buritan dan stoplampnya. Begitupun di dalam kabin.

Khusus di pameran (GIIAS 2019), Duster dibanderol Rp 269 juta OYTR Jakarta. Sepuluh juta lebih murah dari kondisi normal. Davy mengungkapkan, pengriman ke konsumen sekitar akhir Oktober. 

Renault Kwid Climber

Selain dua jagoannya tadi, Maxindo Renault Indonesia (MRI) juga membawa Renault Kwid Climber. Inilah Kwid dengan sentuhan crossover, sehingga terlihat lebih macho. Menariknya lagi, ia hadir pakai transmisi AMT yang pengeoperasiannya lewat kenop mirip AC. Harganya? Tak sampai Rp 200 juta. Khusus di GIIAS dijual Rp 145 juta. Harga di luar itu lebih mahal sepuluh juta. Nah, kata Davy, Climber mulai dikirim ke garasi rumah konsumen September akhir. 

5 dari 5 halaman

Suzuki Jimny

Suzuki Jimny resmi dijual pada GIIAS 2019. Harganya mulai Rp 315 jutaan. Stoknya sangat terbatas, hanya ada 50 unit per bulan untuk konsumen Indonesia. "Permintaan Jimny memang cukup banyak. Tapi, kami harus minta maaf karena unitnya terbatas. Tidak hanya di Indonesia melainkan global, di Jepang juga begitu. Untuk Indonesia, jatah setiap bulan kurang lebih 50 unit," kata Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing PT Suzuki Indomobil Sales pada OTO.com.

Artinya, belum tentu semua diler Suzuki kebagian jatah. Animo yang tinggi tadi otomatis membuat daftar tunggu mengular. "Buat konsumen yang mau memesan, baiknya cek dulu ke diler karena proses inden bisa sampai setahun. Kalau sudah penuh (kuota tahun ini), mau tak mau ikut kloter berikutnya (2020). 

Wuling Almaz 7-seater

Hadirnya varian baru Wuling Almaz berkonfigurasi 7-seater dengan fitur WIND disambut positif oleh pengunjung pameran. Selama GIIAS 2019 berlangsung, setengah dari pemesanan didapat dari Wuling Almaz. "Secara total, 50 persen pemesan adalah Almaz," kata Dian Asmahani, Brand manager Wuling Motors saat dihubungi OTO.com, kemarin (23/7).

Seperti disebutkan, Almaz kini tersedia dalam 4 varian. Harganya terbilang kompetitif, yaitu mulai dari Rp 263,8 juta (OTR Jakarta). Pertanyaannya, kapan unit SUV (sport utility vehicle) ini bisa dinikmati pembeli?

"Kalau dia (konsumen) antre awal-awal sih, secepatnya dikirim. Bulan depan (Agustus) seharusnya konsumen sudah bisa terima," ujar Dian. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.