Sukses

Haram, Jangan Lakukan 5 Hal Ini pada Mobil Matik

Meski lebih mudah dikendarai, tak sedikit orang menyebut perawatan mobil matik lebih sulit dibandingkan transmisi manual karena apabila salah satu komponen rusak bisa menyebabkan komponen lainnya mengalami kendala.

Liputan6.com, Tangerang - Meski lebih mudah dikendarai, tak sedikit orang menyebut perawatan mobil matik lebih sulit dibanding transmisi manual. Karena, apabila salah satu komponen rusak, bisa menyebabkan komponen lainnya mengalami kendala.

Selain itu, ada hal yang tak boleh dilakukan pengendara pada mobil matik agar performa dan umur kendaraan tetap terjaga.

Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada mobil bertransmisi matik agar tetap dalam kondisi prima untuk dikendarai seperti dilansir Suzuki, Rabu (24/7/2019).

Jangan Pindahkan Transmisi ke Posisi Netral di Jalan Menurun

Mungkin ada pemilik mobil bertransmisi matik yang berpikir ketika melintasi turunan tanpa memasukkan gigi transmisi akan lebih hemat bahan bakar.

Namun, cara ini salah dan harus dihindari. Apabila sering dilakukan, transmisi akan mudah jebol karena terdapat pompa oli dan lainnya.

Selain itu pada model mobil saat ini, jika pengendara tetap memasukkan gigi di jalanan menurun, mesin mobil akan menyesuaikan diri agar tidak mengkonsumsi bahan bakar.

Ketika tetap memasukan gigi, fuel injector akan tertutup dan putaran roda akan meneruskan tenaga ke mesin dengan begitu tak ada bahan bakar yang digunakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pastikan Mobil Berhenti Sebelum Mengganti Gigi

Sebelum mengganti posisi gigi, pastikan kendaraan sudah dalam posisi diam. Contohnya, saat Anda ingin memundurkan mobil 'R' dari posisi 'D', pastikan mobil sudah berhenti, begitu juga sebaliknya.

Gunakan rem untuk berhenti. Ingat, transmisi dirancang hanya untuk mengganti gigi sementara untuk membuat mobil berhenti disarankan untuk selalu menggunakan rem.

Kendaraan Jangan Langsung Digeber

Ada beberapa pemilik mobil matik yang memposisikan gigi di 'netral' lalu langsung menginjak pedal gas cukup dalam dan langsung memindahkan gigi transmisi ke posisi 'drive'.

Hal ini sangat tidak disarankan karena berisiko merusak komponen transmisi dan juga clutch pada kendaraan.

Saat Lampu Merah Pindahkan Gigi ke Posisi Netral

Saat terkena macet atau lampu merah sebaiknya memindahkan tuas transmisi itu dari 'drive' ke posisi 'netral'.

Kebiasaan pada umumnya pengemudi mobil matik tetap menginjak rem dalam kondisi tuas masih berada di posisi 'D', padahal hal ini akan membuat umur transmisi lebih pendek daripada seharusnya.

Jangan Pindahkan Gigi pada Posisi 'P' Ketika Mobil Belum Berhenti

Ketika hendak memarkir mobil, pastikan mobil sudah berhenti sepenuhnya sebelum memindahkan transmisi ke posisi 'P'.

Pindah tuas transmisi saat mobil belum berhenti, berisiko merusak dan memperpendek umur transmisi. Terlebih tuas 'P' untuk parkir bukan untuk mengerem kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini