Enggak Ribet, Perawatan Fitur Canggih Wuling Wind Layaknya Smartphone

Oleh Arief Aszhari pada 24 Jul 2019, 17:32 WIB
Diperbarui 24 Jul 2019, 18:14 WIB
Wuling Almaz 7-seater (Dian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Tangerang - Fitur voice command atau perintah suara sejatinya bukan sesuatu yang baru di industri otomotif. Namun, langkah Wuling Motors menghadirkan Wuling Indonesian Command (Wind) untuk varian Almaz lima penumpang dan tujuh penumpang merupakan sebuah gebrakan yang patut diacungi jempol.

Selama ini, banyak pabrikan roda empat yang menawarkan fitur perintah suara ke dalam jajaran model andalannya. Hanya saja, kendalanya adalah bahasa yang digunakan, karena biasanya fitur tersebut bisa berfungsi dengan baik jika pengemudi fasih berbahasa Inggris.

Dengan fitur canggih tersebut, jenama asal Cina ini memang menggebrak sebagai salah satu pabrikan dengan inovasi terbaik di pasar otomotif nasional. Tapi, tidak berhenti sampai disitu, karena kini bagaimana pemilik mobil melakukan perawatan terkait fitur Wind ini, terlebih saat terjadi kerusakan baik yang disengaja ataupun tidak.

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko menjelaskan, sejatinya fitur ini tidak perlu dilakukan perawatan fisik. Artinya, fitur ini layaknya sebuah smartphone atau telepon genggam pintar yang hanya membutuhkan update berkala.

"Jadi, secara berkala atau berkelanjutan Wuling akan melakukan pengembangan terkait atau inovasi lagi terhadap fitur tersebut. Jadi, tetap ada update dan kita akan komunikasikan ke konsumen," jelas Danang saat berbincang dengan Liputan6.com di area GIIAS 2019, ICE, BSD, Tangerang Selatan, Selasa (23/7).

Menurutnya, ketika fitur Wuling Wind ini membutuhkan update, konsumen bisa melakukannya di diler resmi saat servis berkala.

"Update-nya nanti tergantung kebutuhan, dan masukan dari konsumen juga. Lalu, nanti secara berkala kita akan lakukan pemantauan untuk menambah kalimat perintah atau penyesuaian bahasa. Itu bisa, tapi tidak dalam waktu yang ditentukan," tambah Danang.

2 dari 4 halaman

Penyesuaian Bahasa Wuling Wind Setahun

Wuling Almaz
Wuling Almaz kini hadir dalam varian 7-seater. (Dian / Liputan6.com)

Berbicara pengembangan Wuling Wind hingga siap digunakan pemilik Almaz di Indonesia memang tidak membutuhkan waktu lama. Meskipun teknologi ini pada dasarnya tidak hanya diciptakan untuk pasar Tanah Air saja.

"Tapi, saat dibawa ke Indonesia, harus ada penyesuaian bahasa Indonesia. Update database perintah dalam bahasa Indonesia ini, dilakukan kurang lebih setahun," tegas Danang.

Hadirnya Wuling Wind menyita perhatian pecinta otomotif Indonesia. Fitur ini dianggap semakin memanjakan dan memberikan kenyamanan lebih bagi penghuni kabin Wuling Almaz.

Sebagai contoh, Wind bisa mencari judul lagu yang tersimpan di dalam penyimpanan. Sehingga tak perlu repot-repot melihat satu demi satu judul, terutama jika Anda memiliki koleksi lagu yang sangat banyak.

Salah satu fitur yang cukup keren adalah TPMS (Tire Pressure Monitoring System). Dengan mengatakan "tunjukkan tekanan ban", maka layar di dasbor akan memperlihatkan tekanan ban setiap roda sekaligus dengan temperaturnya.

Fitur-fitur seperti jendela, sunroof, hingga sistem AC pun bisa diatur melalui Wind. Program perintah untuk pengaturan AC dibuat seunik mungkin dan mudah diingat.

Misalkan saja dengan kata "saya kedinginan", Wind akan menambahkan suhu AC sebesar satu derajat. Begitu pula jika mengatakan "saya kepanasan", maka suhu AC akan diturunkan satu derajat.

Wind pun bisa membukakan jendela. Namun, jendela ini lebih dikhususkan untuk bagian pengemudi saja. Perintahnya pun sederhana, cukup dengan mengatakan "buka jendela".

Saat menutupnya pun tinggal mengatakan "tutup jendela". Hal yang sama berlaku untuk sunroof.

 

 

3 dari 4 halaman

Pemilik Almaz Lawas Bisa Dapat Wind Gratis

Wuling
Wuling mempersembahkan inovasi modern di World of Wuling.

Sementara itu, Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors menegaskan, teknologi Wuling ini dikembangkan dengan join development antara Wuling Motors di Indonesia dengan prinsipal. Tentu saja, teknologi perintah suara seperti ini merupakan sesuatu yang terus berkembang.

"Headquarter memang sudah mempunyai pengalaman dalam mengembangkan teknologi ini. Sementara di pasar Indonesia ini pertama kali kita perkenalkan. Jadi, bisa dibilang sistem ini dikembangkan join antara tim Indonesia dengan headquarter kita," ujar Dian.

Kehadiran fitur canggih Wuling Wind ini, ternyata bisa juga dirasakan oleh pemilik Almaz model lawas. Bahkan, konsumen bisa mendapatkannya secara cuma-cuma, dengan hanya mengunjungi bengkel resmi di dealer Wuling.

"Memang untuk memasang fitur Wind, konsumen lama tidak perlu mengeluarkan biaya, jadi itu gratis. Kami ingin seluruh konsumen Wuling Almaz bisa merasakan canggihnya teknologi yang disematkan," ujar Dian.

Saat ini, fitur Wind ini sudah terdapat di semua varian Wuling Almaz, mulai dari tipe lima penumpang dan tujuh penumpang.

Harganya, Wuling Almaz tujuh penumpang Smart Enjoy MT dibanderol Rp263,8 juta, Almaz Smart Enjoy CVT Rp275,8 juta, Almaz lima penumpang Exclusive Rp328,8 juta, dan Almaz Exclusive tujuh penumpang Rp338,8 juta.

 

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓