Pakai Nitrogen Ada Waktu Idealnya, Kapan?

Oleh Liputan6.com pada 15 Jul 2019, 07:05 WIB
Diperbarui 17 Jul 2019, 06:13 WIB
Green Nitrogen

Liputan6.com, Jakarta - Nitrogen menjadi salah satu alternatif untuk mengisi udara di ban kendaraan kesayangan. Nitrogen pun nyaris tersedia di setiap SPBU.

Meski terbilang cukup mahal, ada keuntungan yang didapat jika menggunakan nitrogen, salah satunya membuat ban tak mudah kehilangan tekanan.

Tetapi, apakah ada waktu yang tepat untuk pemakaiannya?

Dilansir Zing, menggunakan angin nitrogen tergantung pada tujuan berkendara. Apabila sering bepergian di siang hari yang terik dan mengemudi dengan kecepatan tinggi, pemilik kendaraan bisa memompa ban dengan nitrogen.

Alasannya agar ban tak mudah meletus dan aus, serta tak mudah kehilangan tekanan. Ini dikarenakan nitrogen bersifat lebih dingin dibanding angin biasa.

 

2 of 3

Cek Tekanan

Perlu diingat, jika tekanan ban kendaraan tak sesuai atau kurang bisa membuat ban tersebut mudah aus dan risiko cukup berbahaya jika digunakan berkendara.

Apabila Anda tidak termasuk ke dalam hal tersebut, bisa menggunakan angin biasa untuk memompa ban. Dengan catatan harus tetap teratur dalam mengecek tekanannya. Selain lebih murah juga, ternyata angin biasa juga lebih alami dan aman dibanding nitrogen.

Sumber: Otosia.com

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓