Sukses

Sirkuit Nardo yang Melingkar Kembali Beroperasi untuk Uji Mobil Masa Depan

Porsche mengumumkan membuka kembali Nardo Technical Center di Italia. Sirkuit Nardo bebentuk melingkar merupakan fasiltas pengetesan mobil atau proving ground (tempat pengetesan) menjadi sebuah sirkuit yang ikonik.

Liputan6.com, Jakarta Porsche mengumumkan membuka kembali Nardo Technical Center di Italia. Sirkuit Nardo bebentuk melingkar merupakan fasiltas pengetesan mobil atau proving ground (tempat pengetesan) menjadi sebuah sirkuit yang ikonik.

Selama tujuh bulan Porsche merenovasi Sirkuit Nardo. Biayanya tak tanggung-tanggung, mencapai hampir USD40 juta atau sekitar Rp560 miliar.

Renovasi bukan saja memperbaiki trek Sirkuit Nardo saja, ada beberapa pembenahan dan penambahan konstruksi. Sirkuit melingkar ini berkarakter kecepatan tinggi walau ada beberapa sirkuit lain di dalamnya. Untuk sirkuit kecepatan tinggi ditambahkan pagar penjaga yang inovatif guna menahan bilah ada mobil yang terhempas dari trek. Sistem ini dikembangkan oleh Porsche Engineering.

"Ada sejumlah modernisasi di lintasan Nardo," ujar Malte Radmann, Chairman of the Board of Directors Nardo Technical Center and Managing Director of Porsche Engineering.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Pengetesan Mobil Masa Depan

Sirkuit Nardo tidak saja untuk pengetesan mobil bermerek Porsche saja. Tapi bisa dipakai oleh pabrikan lain. "Tujuannya agar konsumen (produsen mobil) bisa menguji teknologi mobility masa depan," jelas Antonio Gratis, Managing Director of the Nardo Technical Center.

Fasilitas pengujian diperkirakan akan dipakai oleh 90 perusahaan otomotif untuk menguji teknologi masa depan. Yang bisa dites antara lain karakter mobil listrik termasuk soal pengecas cepat, sistem bantu pengemudi, termasuk tentunya mobil otonomos alias nir sopir.

 

3 dari 3 halaman

Awal Berdirinya Sirkuit Nardo

Sirkuit Nardo atau Nardo Technical Center ini dioperasikan oleh Porsche sejak 2012. Di dalamnya terdapat 20 trek dan fasilitas di atas lahan seluas 700 hektar.

Sirkuit Nardo pertama kali dibangun pada 1975. Keunikan sirkuit ini adalah lintasan yang berbentuk lingkaran dengan keliling sepanjang 12,6 kilometer. Tentunya Sirkuit Nardo cocok untuk mengetes mobil berkecepatan tinggi di dalam kondisi yang ekstrem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.