Sukses

3 Langkah Merakit Motor Kustom dengan Harga Pelajar

Motor kustom merupakan impian para bikers yang ingin motornya memiliki karakter sendiri. Biasanya, sang motor tersebut menjadi cerminan sang pemilik.

Liputan6.com, Jakarta - Motor kustom merupakan impian para bikers yang ingin motornya memiliki karakter sendiri. Biasanya, sang motor tersebut menjadi cerminan sang pemilik.

Hanya saja terkadang memiliki motor kustom tidak semudah itu. Biaya modifikasi dan perawatan yang tinggi, kerap jadi kendala untuk para pelajar memiliki motor kustom. Tapi apa betul mahal? Ternyata tidak selamanya motor kustom itu mahal.

Ada kok motor kustom murah dan perawatannya mudah, sehingga cocok dengan kantong para pelajar. Mau tahu tips untuk memiliki motor kustom murah? Berikut saran dari Achmad Fauzi selaku Penasehat Pelajar Classic (komunitas motor) yang bisa kamu tiru:

1. Cari Motor Bahan yang Masih Standar

Kalau kamu belum punya motor, pria yang akrab disapa Odzie ini menyarankan maka harus cari bahan terlebih dulu untuk dijadikan motor kustom. Bahannya boleh apa saja, asal masih dalam kondisi standar. Kenapa? Motor dengan kondisi standar lebih safety dari segala sisi.

Contohnya untuk kelistrikan, motor kondisi standar tidak mudah mengalami korsleting dibanding motor kustom yang tak rapi pengerjaannya. Begitu pula dengan mesin standar, pasti daya tahannya bakal jauh lebih baik dibanding yang sudah dimodifikasi. Pencarian suku cadangnya juga lebih mudah bila mengalami kerusakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Honda GL, Motor Kustom Favorit Pelajar

Lalu bahan apa yang terbaik untuk motor kustom murah? Dengan bujet terbatas, Honda GL merupakan favorit para pelajar. Dalam kondisi standar, banderolnya Honda GL mulai Rp4 jutaan. Selain murah, motor lawas tersebut juga punya banyak onderdil yang beredar di pasaran.

Soal kapasitas mesin, Honda GL cuma sekitar 100-150 cc (tergantung tipe). Konsumsi bahan bakarnya dikenal irit serta minim masalah."Penyakitnya biasa rantai keteng yang lebih cepat kendur. Bisa diatasi dengan ganti bosing noken as sebalah kanan dengan ball bearing atau laher milik Honda Grand," ujar Odzie.

Kelebihan lain dari Honda GL, rangka mudah dimodifikasi. Mau ganti jadi gaya tracker, cafe racer, sampai dengan scrambler, tidak masalah.

 

3 dari 3 halaman

3. Jangan Lelah Berburu Aksesori Motor Kustom

Tips terakhir untuk membuat motor kustom murah, kamu harus cari aksesori yang diinginkan ke pasar loak. Setelah ketemu, jangan lupa tawar sampai dapat harga termurah.

Di Bukalapak juga banyak sekali bisa kamu peroleh aksesori-aksesori dengan harga terjangkau untuk motor kustom. Misal untuk lampu daymaker yang jadi favorit pegiat kustom. Lampu ini dijual mulai Rp150 ribuan.

Ukuran lampu daymaker berbeda-beda. Setidaknya ada tiga: 4,5 inci, 5,75 inci dan 7 inci. Khusus Honda GL Series, bisa pakai 4,5 inci dan 5,75 inci tergantung gaya modifikasi yang kamu butuhkan.

Lalu untuk knalpot, di Bukalapak ada yang bermerek, ada pula buatan industri rumahan seperti asal Purbalingga. Soal kualitas, tidak perlu dikhawatirkan karena Purbalingga sudah terkenal dengan produksi knalpot racing. Kelebihan lain, harganya jadi sangat terjangkau, mulai Rp150 ribuan.

Kalau kamu terlalu pusing memilih onderdil satu persatu. Ada pelapak yang menjual secara paket. Dalam satu kali beli, kamu langsung dapat seluruh komponen yang dibutuhkan. Contoh ada paket japsytle, paket scrambler, paket tracker, dan lain-lain.

Sumber: Bukalapak.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.