Demi Keselamatan, Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Naik Motor

Oleh Liputan6.com pada 10 Jul 2019, 05:02 WIB
Diperbarui 10 Jul 2019, 10:16 WIB
sepeda motor touring.

Liputan6.com, Jakarta - Saat berkendara di jalan raya, keselamatan adalah hal nomor satu. Beragam faktor harus diperhatikan, bukan soal kemampuan saja, kondisi sepeda motor pun harus diperhatikan.

Setidaknya, ada empat hal sederhana bagi pengendara kendaraan roda dua yang wajib diperhatikan sebelum berkendara di jalan raya, seperti dilansir Federal Oil.

1. Cek Sepeda Motor

Sebelum berkendara, pemilik kendaraan sebaiknya selalu melakukan pengecekan terhadap motor yang digunakan. Mulai dari tekanan angin ban, kelistrikann dan pengereman.

Hal ini dilakukan untuk memastikan motor dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan ketika dipakai di jalan

2 of 4

2. Gunakan Helm

Aturan Ojek Online Terbaru Resmi Dirilis
Pengemudi ojek online melintasi Jalan Pintu I Senayan, Jakarta, Selasa (19/3). Kemenhub mengeluarkan Permen No.12 tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selalu gunakan helm dengan baik dan benar. Hal ini berkaitan dengan kecelakaan yang mungkin saja terjadi saat berkendara. Gunakan helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), ukuran pas, dan nyaman dipakai.

3 of 4

3. Pakai Perlengkapan Berkendara

Nabila Putri
Aktris cantik kelahiran Purwokerto ini sudah menyukai motor sejak umur 10 tahun. Ia juga tergabung dalam klub motor para artis bersama Ananda Omesh dan Dimas Anggara. berbalut jaket kulit dan boots jadi penampilan andalan Nabila saat ‘kencan’ bareng sepeda motornya.(Liputan6.com/IG/@nabilabylla)

Selain helm, perlengkapan safety riding lain juga perlu dipakai. Seperti jaket, sarung tangan, sepatu, dan celana panjang.

4 of 4

4. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Aksi Nekat Pemotor Nakal Lawan Arus di Persimpangan Gondangdia
Pengendara sepeda motor melawan arus lalu lintas di perempatan lampu merah kawasan Gondangdia, Jakarta, Senin (29/4/2019). Rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas menyebabkan para pengendara nekat melawan arus. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelum berkendara, Anda harus tegas kepada diri Anda sendiri. Pastikan saat berkendara nanti jangan melanggar lalu lintas. Jangan karena alasan terburu-buru, pengendara melanggar peraturan lalu lintas. Hal itu berkaitan erat dengan terjadinya kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by