Sukses

Demi Keselamatan, Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Naik Motor

Saat berkendara di jalan raya, keselamatan adalah hal nomor satu. Beragam faktor harus diperhatikan, bukan soal kemampuan saja, kondisi sepeda motor pun harus diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat berkendara di jalan raya, keselamatan adalah hal nomor satu. Beragam faktor harus diperhatikan, bukan soal kemampuan saja, kondisi sepeda motor pun harus diperhatikan.

Setidaknya, ada empat hal sederhana bagi pengendara kendaraan roda dua yang wajib diperhatikan sebelum berkendara di jalan raya, seperti dilansir Federal Oil.

1. Cek Sepeda Motor

Sebelum berkendara, pemilik kendaraan sebaiknya selalu melakukan pengecekan terhadap motor yang digunakan. Mulai dari tekanan angin ban, kelistrikann dan pengereman.

Hal ini dilakukan untuk memastikan motor dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan ketika dipakai di jalan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan Helm

Selalu gunakan helm dengan baik dan benar. Hal ini berkaitan dengan kecelakaan yang mungkin saja terjadi saat berkendara. Gunakan helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), ukuran pas, dan nyaman dipakai.

3 dari 4 halaman

3. Pakai Perlengkapan Berkendara

Selain helm, perlengkapan safety riding lain juga perlu dipakai. Seperti jaket, sarung tangan, sepatu, dan celana panjang.

4 dari 4 halaman

4. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Sebelum berkendara, Anda harus tegas kepada diri Anda sendiri. Pastikan saat berkendara nanti jangan melanggar lalu lintas. Jangan karena alasan terburu-buru, pengendara melanggar peraturan lalu lintas. Hal itu berkaitan erat dengan terjadinya kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.