Kia Keluar dari Gaikindo, Absen di GIIAS 2019

Oleh Liputan6.com pada 06 Jul 2019, 12:16 WIB
Diperbarui 06 Jul 2019, 12:16 WIB
Logo Kia
Perbesar
Logo Kia (Foto: autotribute.com).

Liputan6.com, Jakarta - Kia dipastikan kembali absen pada penyelenggaraa GIIAS tahun ini. Pabrikan asal Korea Selatan itu tengah membenahi bisnis operasi mereka yang kini dipegang oleh grup Indomobil.

Menurut Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, absennya Kia tahun ini karena memang sedang berbenah dan sudah tidak tergabung dalam organisasi Gaikindo.

"Sudah dari tahun sebelumnya tidak ikut. Bahkan dengan ini juga kami sampaikan, saat ini posisinya Kia telah berhenti dari anggota Gaikindo. Mungkin dalam operasinya mereka sedang mengalami sedikit turbulensi yang tentunya mereka memerlukan strategi baru untuk bisa beroperasi lebih baik lagi di Indonesia," ungkap Nangoi saat jumpa media di bilangan SCBD awal pekan ini.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama PT Indomobil Sukses International, Bambang Subijanto, memberi konfirmasi soal akuisisi Kia.

"Memang Indomobil tertarik dengan bisnis Kia dan kami sudah membuat satu perusahaan baru joint venture. Namanya Kreta Indo Arta," ungkapnya.

"Mobil Korea Selatan ini kan punya potensi di Indonesia, sudah cukup lama dan sudah punya nama di Indonesia. Jadi ketika kami ditawarkan ya tertarik dan pertimbangkan bikin organisasi khusus," imbuhnya lagi.

Meski begitu, Bambang menyebutkan, pihaknya masih mengurus perizinan dan segala kesepakatan bisnis. Jadi belum bisa berbicara banyak soal perkembangannya.

"Nanti pada saatnya kami pasti undang. Pokoknya setelah semua beres kami undang." katanya.

 

2 dari 2 halaman

Potensi Bergabung Gaikindo Kembali

Sampai dengan 2017, Kia Mobil Indonesia kerap meramaikan pameran otomotif akbar yang dihelat Gaikindo. Baru pada tahun berikutnya, merek Kia tak lagi mengisi lantai pameran.

Kia juga sempat mengisi pameran IIMS pada April 2017 dan meluncurkan hatchback Kia Rio terbaru saat itu. Padahal di pasar global, Kia punya banyak produk baru yang berpotensi dipasarkan di Indonesia. Salah satu yang cukup ditunggu, sedan sporty Kia Stinger.

Apakah Kia bakal kembali mengikuti pameran otomotif Indonesia dan meluncurkan produk baru? Setelah rampung proses akuisisi oleh Indomobil, barulah Kia bisa beroperasi kembali.

"Mungkin nanti setelah beroperasi lagi, Kia bisa kembali (ke Gaikindo dan GIIAS)," ucap Nangoi.

Kalau sudah kembali, tentunya produk-produk baru bakal disajikan. Diharapkan proses cepat selesai dan Kia bisa segera menawarkan produk yang kompetitif. Tak ada salahnya juga berharap kita bisa berjumpa Kia Stinger super ganteng di jalanan Indonesia. 

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓