Inikah Sinyal Toyota HiAce Terbaru Bakal Meluncur di Indonesia?

Oleh Liputan6.com pada 06 Jul 2019, 18:06 WIB
Diperbarui 06 Jul 2019, 18:15 WIB
Ini Dia 5 Keunikan Toyota Hiace 2019 yang Baru Meluncur di Filipina

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini ramai di media sosial mengenai penampakan mini bus berlambang Toyota yang tengah diangkut truk. Mini bus tersebut disebut-sebut sebagai generasi terbaru Toyota HiAce.

Apakah ini pertanda Toyota Indonesia bersiap menghadirkannya? Apakah GIIAS 2019 menjadi panggung kelahirannya?

Sayangnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) masih bungkam terkait model ini. Rouli Sijabat, Head Of Public Affairs PT TAM yang kami hubungi tak mengiyakan atau menampik.

Ia justru meminta kami menunggu informasi pengenalan jajaran mobil yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Bila benar, berarti mini bus andalan Toyota itu, memanfaatkan pameran yang diselenggarakan di ICE BSD itu, sebagai ajang peluncuran.

“Minggu depan kami infokan di pra-GIIAS untuk jajaran mobil display-nya,” ucapnya dalam pesan singkat, Jumat (05/07).

Hiace teranyar sebelumnya melakukan world premiere di Filipina pada Februari lalu. Ada lima varian yang ditawarkan: Commuter Deluxe MT, GL Grandia MT dan AT, GL Grandia Tourer MT dan AT.

Commuter Deluxe dan GL Grandia memiliki dimensi yang sama, 5.265 x 1.950 x 1.990 mm. Wheelbase-nya mencapai 3.210 mm.

Sedangkan GL Grandia Tourer lebih panjang dan tinggi: 5.915 x 1.950 x 2280 mm dengan jarak sumbu roda 3.860 mm.

Pun begitu, urusan daya tampung, Commuter mampu diisi hingga 15 orang, GL Grandia 12 orang dan GL Grandia Tourer 14 orang.

 

2 of 2

Spesifikasi Mesin

Urusan jantung mekanis, Hiace terbaru memakai mesin 1GD-FTV empat silinder turbo diesel yang merupakan turunan lebih bertenaga dari mesin 2GD-FTV di Fortuner dan Innova. Volume silindernya 2,8 liter.

Setelan masing-masing varian punya keluaran tenaga yang berbeda. Pada Commuter Deluxe memproduksi 170 PS dan 420 Nm; GL Grandia 176 PS dan 450 Nm dan GL Grandia Tourer di angka 163 PS dan 420 Nm. Keseluruhan daya dorong disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6-speed atau otomatis konvensional 6-speed.

Perangkat keselamatannya juga cukup mumpuni. Semua varian dilengkapi Anti-lock Braking System dan dual airbag. Menariknya Commuter Deluxe ditambah kantung udara tengah.

Kendati begitu, dua varian Grandia diperkuat fitur Stability Control dan Hill Start Assist. Sektor pengereman mengandalkan cakram di depan dan tromol di belakang. Tapi khusus versi Tourer memakai disk brake di semua roda. 

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓