Jangan Anggap Sepele, Perhatikan Bagian Ini Saat Bersihkan Kabin Mobil

Oleh Arief Aszhari pada 05 Jul 2019, 13:05 WIB
Diperbarui 05 Jul 2019, 13:05 WIB
mobil
Perbesar
Ilustrasi membersihkan interior mobil (greatfallscarwash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Merawat mobil menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan. Tidak hanya bagian eksterior, bagian interior juga harus diperhatikan, agar saat digunakan pengendara atau penumpang merasa nyaman.

Selain itu, dengan membersihkan kabin mobil, tentu saja bisa mencegah kuman penyakit bersarang. Namun, saat membersihkan bagian dalam mobil, banyak pemilik yang tidak memperhatikan bagian yang tersembunyi. Padahal, bagian tersebut yang sejatinya menyimpan banyak kotoran atau debu.

Berikut, seprti dilansir laman resmi Hyundai Indonesia, titik-titik yang menyimpan banyak kotoran dan debu:

1. Konsol di door trim

Lokasi paling sering dilupakan, biasanya terdapat di konsol karena tersimpan berbagai brosur dan kertas. Jika dibiarkan, kotoran debu akan mudah menempel. Membersihkannya mudah, cukup pakai lap yang lembab saja.

Untuk menjangkau sudut yang dalam, gunakan obeng (-) yang dibalut dengan kain lembab.

2. Perhatikan lokasi di seputar kaki pengendara dan penumpang depan

Jangan hanya terpaku pada kebersihan karpet mobil saja. Coba angkat sedikit karpet, biasanya kotoran berupa debu atau pasir bersemayam di balik karpet. Membersihkannya, bisa pakai lap lembab atau sapu kecil.

2 dari 3 halaman

3. Kolong jok

Menjadi lokasi yang kerap dilupakan. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang agak sulit dijangkau. Padahal membersihkannya terbilang mudah, namun butuh pengorbanan. Di lokasi ini biasa ‘berkumpul' debu, perabotan anak-anak, bahkan remah makanan. Untuk membersihkannya, cukup memajukan jok sampai paling depan.

Jika pakai karpet kain, bisa gunakan sapu kecil. Namun kalau pakai karpet vinyl, cukup lap lembab saja. Bagi kendaraan yang memiliki rel pada jok baris kedua, seperti Hyundai H-1, wajib perhatikan seputar rel. Biasanya di lokasi tersebut ‘tersimpan' remah makanan. Karena lokasi yang agak sempit, kerap tidak sampai tersedot vacuum cleaner. Sebagai gantinya, manfaatkan kuas, sikat kecil atau sapu untuk mengangkat kotoran tersebut.

4. Penjepit karet atau karpet

Biasanya menjadi sarang kotoran. Titiknya yakni di seputar baut atau juga batas antara penjepit dengan karet atau karpet. Seringnya terinjak, menjadikan pasir kerap dijumpai pada lokasi ini. Membersihkannya? Cukup pakai sapu

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓