Sukses

Siap Diganti, Apa Mobil Kepresidenan Jokowi Selanjutnya?

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), masih menggunakan mobil dinas lama, yaitu Mercedes-Benz S600 Pullman Guard

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), masih menggunakan mobil dinas lama, yaitu Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Sejatinya, mobil ini memang warisan dari presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang dibeli pada 2007.

Terdapat usulan untuk peremajaan mobil dinas kepresidenan, karena memang kendaraan ini tidak bisa dibilang masih dalam kondisi baik. Pasalnya, mobil asal Jerman ini pernah mengalami mogok saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat pada 2017, dan kala kunjungan ke Pondok Pesantren Gontor Ponorogo.

Dijelaskan Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara, Piping Supriatna memang benar ada usulan mengganti mobil dinas presiden yang baru.

"Ya benar (peremajaan mobil dinas presiden)," kata Piping lewat pesan singkat, seperti disitat dari news Liputan6.com, ditulis Jumat (5/7/2019).

Sementara ini, lanjut Piping, selain Mercedes-Benz, BMW produsen mobil asal Jerman juga menawarkan produknya untuk digunakan sebagai kendaraan dinas RI-1.

Namun Piping belum mengamini lebih jauh terkait mobil apa yang akan dipakai Jokowi pada periode keduanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tawaran BMW

"Perkembangan lebih lanjut nanti akan disampaikan resmi oleh Kemensetneg. Sekarang kami masih koordinasi internal,” tutur dia.

Sebagai informasi, BMW seri-7 Security Vehicle F02 digadang mobil yang ditawarkan sebagai kendaraan dinas RI-1.

Kendati Mercedes-Benz, model ditawarkan masih dirahasiakan namun tetap berasal dari seri S-Class.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.