Sukses

Mobil Tak Mau Menyala, Cek 3 Komponen Ini

Meski teknologi start-stop sudah ada, beberapa mobil masih belum menyematkan fitur ini, sehingga komponen starter mobil masih menjadi salah satu yang penting keberadaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Meski teknologi start-stop sudah ada, beberapa mobil masih belum menyematkan fitur ini, sehingga komponen starter mobil masih menjadi salah satu yang penting keberadaannya.

Komponen starter berfungsi sebagai penggerak dinamo, sehingga mobil bisa dihidupkan. Bekerja dengan bantuan listrik yang dialirkan oleh aki, dinamo akan menyala sebelum memproduksi listrik sendiri.

Beberapa pemilik kendaraan bisa saja menemui masalah karena starter mobil tidak mau menyala. Bila mobil dengan transmisi manual masih bisa diatasi dengan cara mendorong mobil bersamaan dengan pengemudi memasukkan persneling ke gigi dua sehingga secara otomatis mesin mobil akan menyala.

Namun, bila mobil yang dimiliki adalah berjenis matik pemilik tentu harus mencari solusi lain. Salah satunya ialah melakukan pengecasan aki.

Meski demikian ada beberapa hal yang mempengaruhi dan bisa menjadi penyebab mobil tak mau menyala saat distarter. Berikut ini beberapa kemungkinannya seperti dilansir Garda Oto, Rabu (3/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aki

Hal pertama yang menjadi penyebab mobil tidak mau distarter terdapat di aki. Menjadi komponen yang berfungsi menunjang kelistrikan mobil, mobil tentu tidak akan menyala saat distarter.

Kerusakan pada aki terjadi ketika suplai listrik dari aki pada mobil lemah di mana dinamo starter yang menggunakan listrik sebagai sumber energi tak mampu menunjang.

Brush Dinamo

Hal lain yang menjadi penyebab starter mobil cepat ialah brush pada dinamo mulai habis. Di dalam dinamo starter terdapat beberapa komponen dan salah satunya ialah brush atau sikat yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari aki ke rotor yang berputar.

Apabila brush telah aus, penyaluran arus listrik dari aki ke rotor menjadi terhambat. Meski aki masih full 12 Volt, tegangan yang sampai ke rotor bisa lebih rendah. Hasilnya, putaran dinamo starter menjadi lebih lambat dan mesin susah dihidupkan.

 

3 dari 3 halaman

Busi 

Komponen terakhir yang paling sering disalahkan saat mesin susah hidup ialah busi. Menjadi salah satu komponen yang digunakan dalam sistem starter mobil, bila bagian ini bermasalah, maka mobil tak bisa menyala. Busi yang kotor atau sudah usang juga menjadi dua faktor penyebabnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.