Dibuka Jokowi, GIIAS 2019 Siap Pamer Mobil dan Teknologi Canggih

Oleh Arief Aszhari pada 02 Jul 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 02 Jul 2019, 17:00 WIB
Press Conference GIIAS 2019
Perbesar
Press Conference GIIAS 2019

Liputan6.com, Jakarta - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 siap dihelat 18 sampai 28 Juli 2019. Pameran otomotif berskala internasional yang bertempat di ICE, BSD City, Tangerang ini bakal menampilkan berbagai produk dan teknologi yang menjadi salah satu pencapaian industri otomotif yang patut dibanggakan.

Dijelaskan Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), GIIAS 2019 juga rencananya bakal dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

"Pameran ini akan dibuka Presiden, Joko Widodo. GIIAS kali ini juga akan sedikit lebih spesial, karena yang namanya selama ini kita hanya bicara otomotif untuk Indonesia, dan kali ini saya kembangkan lebih kepada otomotif Indonesia bisa lebih mandiri, karena kemampuan produksi sudah bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri," jelas Nangoi di sela-sela konferensi pers GIIAS 2019, Selasa (2/7/2019).

Lanjutnya, menurut data Gaikindo, saat ini hasil produksi industri otomotif di Indonesia sudah diekspor ke lebih dari 80 negara.

"Banyak yang belum tahu bahwa Indonesia sudah mampu mengekspor kendaraan ke 80 negara di dunia, GAIKINDO ingin menunjukkannya di GIIAS 2019, bahwa pencapaian industri otomotif Indonesia terus meningkat dan memberikan kebanggaan bagi negara," tambah Nangoi.

 

2 dari 3 halaman

Beyond Mobility Area

Pada gelaran GIIAS 2019 kali ini, masih terdapat Beyond Mobility Area yang akan menghadirkan teknologi plug-in hybrid, electric vehicle, dan juga berbagai fitur teknologi update dari merek kendaraan penumpang ternama. Fitur seperti smart technology yang mampu berintegrasi dengan gawai pengemudi, dan memungkinkan interaksi lewat fitur tersebut di layar sentuh head unit kendaraannya, mulai dari melakukan panggilan telepon, update media sosial hingga menggunakan berbagai aplikasi mobile seperti aplikasi shopping online, hingga aplikasi transportasi online.

Pameran ini juga akan memperkenalkan fitur teknologi semi-otonom, driving assistant yang dapat membantu pengemudi untuk melakukan manuver ketika ruang terbatas.

Terdapat juga beberapa fitur teknologi baru yang akan hadir di Beyond Mobility Area yang masih dirahasiakan, apa fitur nya harus dibuktikan pada saat pameran GIIAS 2019 berlangsung.

"Selain puluhan kendaraan baru dan konsep yang diperkenalkan, termasuk juga di antaranya world premiere, peserta juga akan pamer teknologi baru di tahun ini,” kata Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo yang sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2019.

 

3 dari 3 halaman

Diikuti 20 Merek Kendaraan Penumpang

Sebagai informasi, GIIAS 2019 akan menampilkan total 20 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling.

Kemudian, terdapat 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, seperti DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, dari karoseri akan hadir Adi Putro, Laksana, dan Tentrem. Lalu, ada 11 merek sepeda motor mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

Sementara dari industri pendukung, lebih dari 300 merek telah mencatatkan komitmennya mengikuti GIIAS 2019.

Lanjutkan Membaca ↓