Sukses

5 Cara Mudah Menjaga Performa Mobil Kesayangan

Liburan dengan menggunakan kendaraan pribadi banyak dilakukan masyarakat Indonesia di akhir pekan. Bersama sanak keluarga, perjalanan dengan menggunakan mobil dianggap lebih nyaman dan hemat biaya.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan dengan menggunakan kendaraan pribadi banyak dilakukan masyarakat Indonesia di akhir pekan. Bersama sanak keluarga, perjalanan dengan menggunakan mobil dianggap lebih nyaman dan hemat biaya.

Tak hanya sebelum berangkat, kendaraan juga perlu diperhatikan saat kembali dari perjalanan liburan.

Dapat memeriksanya di rumah dengan mudah, pemilik kendaraan hanya perlu memperhatikan lima komponen seperti dibagikan Daihatsu Indonesia.

1. Oli

Pastikan memeriksa komponen cairan penting ini. Kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka suhu mesin akan lebih tinggi.

Hal ini membuat kekentalan oli dan volume-nya berkurang. Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak pada mobil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kaki-Kaki

Kondisi jalan yang bervariasi memaksa komponen ini bekerja ekstra saat menopang bodi kendaraan. Pastikan memeriksa kondisi shock absorber, lower-arm dan keausan ban beserta tekanan angin.

3. Rem

Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pada sektor pengereman. Pastikan ketebalan kampas rem dalam keadaan baik. Pemilik bisa mengganti komponen ini apabila sudah mencapai batas maksimal. Jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran rekomendasi pabrikan.

4. Filter Bahan Bakar

Selama perjalanan, pemilik kendaraan terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan karena ketersediaan bahan bakar di area tersebut. Karena itu pastikan mengecek filter bahan bakar.

5. Interior dan Filter AC

Pastikan interior kendaraan bersih dari sisa makanan dan minuman. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar terhindar dari aroma tak sedap dan terhindar dari serangga. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.