Satu Alasan Sepele Konsumen Beli Mobil Secara Online

Oleh Amal Abdurachman pada 01 Jul 2019, 12:01 WIB
Mau Honda Brio Satya E Manual atau Datsun GO Panca T-Active?

Liputan6.com, Jakarta - Membeli mobil melalui toko online bukan hal yang baru lagi. Misalkan saja Blibli.com yang mulai menjual mobil secara online mulai 2016 lalu. Blibli.com pun mengklaim bisa menjual puluhan mobil setiap bulannya.

Lay Ridwan Gautama selaku SVP Trade Partnership Blibli.com mengungkapkan salah satu alasan konsumennya membeli mobil melalui toko online.

"Ada orang beli di Sunter yang beli mobil lewat Blibli.com, padahal dealernya ada di depan perumahan dia. Kami pun bertanya ke konsumen, kenapa beli di blibli, padahal dealer dekat," ungkap Lay saat talkshow Giias talk X Blibli.com.

Alasannya pun ternyata cukup sederhana, ada satu kekhawatiran jika datang ke showroom dan melakukan transaksi, rupanya konsumen tersebut takut dikejar-kejar oleh sales setelah pembelian.

Menurut Lay, ternyata konsumen sudah pernah mencoba mobil dan mengetahui karakternya mobil yang diincarnya. Konsumen pun merasa cocok dan memutuskan untuk beli tanpa perlu datang ke dealer.

2 of 3

Mau Beli Mobil Lewat Toko Online, Begini Caranya

Perkembangan pesat di dunia digital memberikan dampat yang signifikan terhadap dunia otomotif. Tak hanya dari segi pemberitaan saja, transaksi dari aksesori hingga unit mobil pun bisa dilakukan secara online.

Lay Ridwan Gautama selaku SVP Trade Partnership Blibli.com, mengatakan, " Pada 2014, Blibli.com mulai menjual unit motor, awalnya kita juga hanya 3 unit per bulan, kini ratusan unit per bulan. Untuk penjualan unit mobil dimulai 2016, awal 2017 kita banyak menjual mobil LCGC. Kini bisa jualan puluhan unit mobil per bulan."

Untuk proses pembeliannya sendiri tidak banyak berbeda dengan barang lainnya. Sistem pembayaran bisa melalui cash dan kartu kredit. Hanya saja, Lay menambahkan metode pembayaran secara leasing khusus untuk kendaraan. "Cara pembayaran untuk kendaraan kita ada leasing, leasing baru kita perkenalkan akhir tahun lalu. Jadi belum terlalu lama," sambung Lay saat talkshow Giias talk X Blibli.com.

Lay pun mengungkapkan ada sedikit perbedaan saat konsumen membeli kendaraan di Blibli.com. "Pembelian mobil secara online masih diperlukan adanya jawaban dari kita tentang pertanyaan seputar produk dari konsumen. Misalkan ini (mobil) dari dealer mana, karena kita (Blibli) sebagai penyedia platform bukan dealer mobil. Pertanyaan seputar bonus yang akan didapat pun ada. Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, mereka melalukan pembayaran sesuai dengan pilihannya.," sambung Lay.

Untuk diketahui, mobil yang menjadi minat konsumen berada di kisaran harga di bawah Rp300 juta. Namun, transaksi dengan nilai di atas Rp400 juta pun terjadi di Blibli.com. " Ada juga yang beli Toyota Fortuner hingga mobil BMW secara online," pungkas Lay.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by