Honda Jazz Type R Tebar Pesona, Tenaganya 217 Tk

Oleh Liputan6.com pada 28 Jun 2019, 11:01 WIB
Diperbarui 28 Jun 2019, 11:01 WIB
Honda Jazz Type R

Liputan6.com, Jakarta - Wujud Honda Jazz terbaru mulai bocor di dunia maya. Saat ini statusnya masih dalam pengembangan, kehadirannya diprediksi muncul pada Tokyo Motor Show 2019.

Headlight Mag pun memunculkan gambar yang dibilang sebagai Jazz Type R, berjantung pacu turbo milik saudaranya, Civic.

Bila kita memandang bahasa desain Honda Jazz anyar, terlihat ada benang merah dengan generasi lawas. Baik generasi kedua maupun ketiga. Honda tidak membuang tampilan khas keluarga hatchback pesaing Toyota Yaris. Lencana merah melekat di tengah grille yang terbelah menjadi dua. Warna ini jadi penanda, sebuah mobil Honda Jazz yang bertenaga.

Lalu dapat Anda saksikan body kit depan dan samping yang cukup atletis. Parasnya sedikit berubah dari Honda Jazz reguler yang dijual sekarang. Tertanam lampu utama berteknologi, tampak DRL yang mengisi rumah lampu, overhang pendek, pilar-A menukik tajam dan terlihat juga siluet MPV. Seperti yang ditunjukkan gambar, Honda Jazz 2020 punya varian Tipe R yang berorientasi pada performa.

 

2 dari 3 halaman

Mesin Turbo

Sayangnya, belum ada informasi seputar interior mobil. Sangat logis bila konsumen mengharap ada ubahan kabin yang lebih sporty, mengikuti ubahan eksterior. Misal penggunaan material soft touch, tata letak dasbor baru, sistem audio yang jauh lebih mumpuni dan fitur tambahan. Interior yang ada saat ini memang tergolong bagus. Apalagi soal staging buat sistem audio yang rata. Dan kami yakin Honda bisa membuat lebih apik, menambah daya tarik Jazz baru.

Urusan engine, info dari Headlight Mag, Honda Jazz Type R bakal dilengkapi mesin bensin 1,5 liter (kemungkinan besar merupakan unit turbocharged). Resultan pembakaran internal menyemburkan daya 217 Tk dan torsi puncak 250 Nm. Angkanya jauh lebih besar dari Civic reguler yang mengeluarkan 170 Tk dan daya puntir 220 Nm. Jika itu benar, berarti ada tuning pada mesin dan Electronic Control Unit (ECU). Posisinya mengisi segmen di bawah Civic Type R yang populer. Kelak hothatch Jepang ini, bakal beradu kebolehan dengan pabrikan Jerman, VW Golf R di pasar internasional.

Andai versi Type R masuk Indonesia, pasarnya ada, tapi tidak besar. Namun secara fisik antara model premium dengan reguler, hampir mirip. Rancang bangun buat Jazz di sini, bisa serupa dan diproduksi di fasilitas pabrik Honda Karawang. Pembaruan itu amat penting. Usai sebuah mobil ganti “baju,” acap kali memberi dampak positif pada penjualan. Ambil contoh Honda Brio, yang makin laku di sini. Jazz terbaru, punya kans yang sama. Sebulan kemarin saja, Jazz hanya mampu terjual 1.085 unit. Masih bisa digairahkan lagi market-nya.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓