Sukses

Mengenal Sosok Maserati Merak, Sportscar yang Terlupakan

Hewan seringkali menjadi inspirasi nama pada sebuah mobil. Misalkan saja Toyota Kijang, Isuzu Panther, Mitsubishi Kuda, Daihatsu Zebra hingga Porsche Macan. Namun, apakah Anda pernah mendengar Maserati Merak?

Liputan6.com, Jakarta - Hewan seringkali menjadi inspirasi nama pada sebuah mobil. Misalkan saja Toyota Kijang, Isuzu Panther, Mitsubishi Kuda, Daihatsu Zebra hingga Porsche Macan. Namun, apakah Anda pernah mendengar Maserati Merak?

Maserati Merak adalah sebuah sportscar klasik keluaran Maserati pada tahun 1972 hingga 1983. Kala itu, mobil ini bersaing dengan Lamborghini Urraco dan Ferrari Dino 308.

Namun, nama Merak bukan terinspirasi dari jenis burung yang ada di Indonesia. Mengutip dari Dkclassiccars.dk, penamaan tersebut diambil dari sebuah bintang di rasi Ursa mayor.

Terlahir sebagai sebuah sportscar, Maserati Merak mengusung mesin berkonfigurasi V6 dengan 2 pilihan kubikasi, 2.700 cc dan 3.000 cc. Dapur pacu tersebut menghasilkan tenaga maksimal sebesar 188 Tk, terbilang besar di masanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Terlalu Tenar

Secara fisik, Maserati Merak memiliki desain elegan dan terbilang futuristrik di masanya, rendah serta lebar. Selain itu ada juga ciri khas mobil 1970-an, yaitu pop-up headlight.

Sayangnya, Maserati Merak tak terlalu tenar di pasar mobil klasik. Pasalnya, mesinnya hanya berkonfigurasi V6 dan jumlahnya terbilang banyak, mencapai 1.830 unit selama 11 tahun.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.