Sukses

Perangkat Ini Bisa Wujudkan Motor Klasik Jadi Bertenaga Listrik

Era kendaraan listrik sudah di depan mata. Sejumlah pabrikan mobil mulai menghadirkan kendaraan listrik bahkan ada yang menyediakan paket perangkat untuk mengubah mobil klasik menjadi bertenaga listrik

Liputan6.com, Jakarta - Era kendaraan listrik sudah di depan mata. Sejumlah pabrikan mobil mulai menghadirkan kendaraan listrik bahkan ada  yang menyediakan paket perangkat untuk mengubah mobil klasik menjadi bertenaga listrik, seperti  Jaguar dan Aston Martin.

Hal ini tentu agar pemiliknya masih bisa mengendarai mobil tersebut tanpa tersandung regulasi standar emisi gas buang. Dan sayangnya, hal ini tidak diikuti oleh perusahaan sepeda motor.

Kabar baiknya, belum lama ini anak perusahaan Rimini, Motoveloci, telah menyediakan paket yang sama bernama "Retrokit". Perangkat tersebut mengubah Vespa klasik menjadi bertenaga listrik.

Mengutip dari Motociclismo.it, Retrokit ini menggantikan mesin konvensional dan tangki bahan bakar Vespa klasik. Tak ada perubahan lain yang harus dilakukan, termasuk roda dan rem, namun hanya cukup mengganti klakson dan lampu.

Paket ini berisi motor listrik dan baterai lithium seberat 6 kg berkapasitas 1,5 kWh dengan jarak tempuh maksimal 100 km. Pengisiannya juga tak terlalu lama, hanya 3 jam dengan socket standard 230 V.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkoneksi Bluetooth

Menariknya lagi, Retrokit tidak mengubah estetika klasik dari sebuah Vespa. Artinya, tidak ada instrumen panel digital baru di setang.

Namun, semua indikator dapat dilihat dari aplikasi smartphone yang terhubung ke unit kontrol melalui bluetooth .

Motoveloci telah mengatur kecepatan maksimal Retrokit di 45 km/jam namun, bisa diubah menjadi 90 km/jam melalui aplikasi tersebut. Sayangnya, teknologi ini masih belum masuk ke Indonesia dan sementara masih beredar di Italia.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.