Mengintip 'Daleman' Land Rover Defender Terbaru

Oleh Liputan6.com pada 27 Jun 2019, 14:04 WIB
Diperbarui 27 Jun 2019, 14:17 WIB
Land Rover

Liputan6.com, Jakarta - Setelah eksterior hingga bagian kolong Land Rover Defender terungkap, kini giliran interiornya yang terkuak. Lagi-lagi terjadi di Amerika Serikat, tepatnya di Moab, Colorado.

Ya, sebelumnya seorang anak muda dengan cekatan memotret Defender anyar yang tengah uji jalan. Ia sempat memotret kolong Defender dan didapati suspensi independen persis milik Discovery.

Kini seseorang berkesempatan mengambil gambar cukup jelas bagian dalamnya. Tak diketahui siapa, namun kami melansirnya dari tflcar dan Autoblog. Dalam foto itu, terpampang nyata bentuk dashboard versi produksi nanti.

Ternyata dari konsepnya tak berbeda jauh. Desain modern dengan sentuhan heritage Defender, ditranslasikan dengan baik. Dasbor tampak kokoh, berkat sisi-sisi pemisah yang mengotak.

Konsolnya sama persis dengan rancangan awal, menjorok keluar. Beragam tombol seperti climate control, idling star/stop, hill start, kontrol traksi dan banyak lagi tertera di situ.

Dan otomatis, semua tombol tadi berposisi tiduran alias mengarah ke atap mobil. Tuas gear juga berada di sana. Bentuknya keren, layaknya joystick pesawat terbang.

Persis di atasnya, tertera monitor cukup besar. Tak terlihat jelas apa saja yang disajikan. Namun, mestinya sanggup menyajikan sistem hiburan yang lengkap. Serta merta dengan konektivitas semacam Android Auto dan Apple Car Play.

Mobil sekelas ini, harusnya wajib menyediakan fasilitas tadi. Nah, saat menaikkan pandangan dari layar. Terdapat kisi AC yang menjorok ke dalam.

Pindah ke bagian kemudi, tersimak posisi setir yang familiar. Tidak menghadap lurus ke pengemudi, melainkan agak ke atas. Persis milik sang pendahulu.

Bedanya, sekarang pakai model empat palang yang modern. Bubuhan berbagai tombol, terlihat di bentangan tulang lingkar kemudi.

Beranjak ke kokpit, jangan harapkan ada penunjuk mekanik lagi. Seluruhnya sudah disajikan melalui layar digital.

Speedometer dan takometer yang biasanya masih mengandalkan jarum, juga ikut tergantikan. Mungkin bagian ini bukan hal positif bagi penggila Defender klasik.

 

2 of 2

Ubahan Lain

Mengenai monitor tadi, ada lagi hal menarik. Akun Instagram landroverphotoalbum mengunggah foto animasi mobil yang muncul di layar. Untuk pertama kalinya, gambaran Defender terlihat sangat jelas. Tanpa tertutup stiker kamuflase lagi. Ya, rasanya SUV satu ini terlihat keren.

Pahatan garis pendahulunya masih tersimak dengan jelas di bagian belakang hingga ke tengah. Buritan benar-benar dibuat dengan akhiran tajam. Namun, diberikan aksen modern di pilar berefek floating.

Konfigurasi lampunya juga sangat ikonik. Dengan kembali menempatkan stoplamp dan sein terpisah. Ditambah gantungan ban serep di balik pintu bagasi.

Antara atap dan bodi dipastikan memiliki opsi two tone. Pada animasi itu, nampak atasnya putih dan bagian bawah berkelir silver.

Jadi mengingatkan saat FJ40 bereinkarnasi menjadi FJ Cruiser. Ini hal yang terasa menyenangkan. Di lekukan atap ini terpasang juga kaca memanjang yang khas.

Ke bagian depan, sesuai ekspektasi. Sepertinya lebih mirip dengan saudara-saudaranya yang modern. Tidak terlalu mewarisi tampang sang ayah.

Tapi proporsinya masih enak dilihat, walau kesan gagah sedikit pudar. Begitupun pelek palang limanya. Justru malah terlihat agak feminin.

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓