Sukses

Agar Tidak Pudar, Begini Cara Merawat Cat Mobil Kesayangan

Warna cat mobil dalam beberapa tahun ke depan pasti akan cepat pudar

Liputan6.com, Jakarta - Warna cat mobil dalam beberapa tahun ke depan pasti akan cepat pudar. Terlebih, jika pemilik tidak melakukan perawatan khusus, dan memperlakukan mobil dengan sembarangan, seperti malas mencuci, parkir sembarangan, dan sebagainya.

Nah, sebagai pemilik mobil, sangat disarankan untuk tidak malas merawat cat mobil, karena jika tidak dirawat dengan baik, dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun, pastinya bakal memudar.

Dijelaskan Bambang Sulistiyanto, Body Painting Service Head Auto2000 Bekasi Timur, ada dua cara yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil agar cat tidak mudah kusam atau pudar.

Pertama, hindari penggunaan shampoo atau sabun yang bukan khusus untuk mobil, atau yang memiliki kandungan PH tinggi. Sebaiknya cuci di tempat khusus atau menggunakan air biasa saja.

"Shampoo atau sabun biasa akan membuat cat cepat pudar, low gloss, anti UV berkurang, sehingga cat cenderung terlihat lebih low chrome,” kata Bambang seperti dilansir laman resmi Auto2000, Kamis (26/6/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kedua

Selanjutnya langkah kedua, pemilik mobil juga disarankan tidak sembarangan ketika memilih tempat parkir. Usahakan selalu menyimpan mobil di tempat yang tertutup bagian atasnya. Jangka panjang, bisa menyebabkan cat mobil menjadi kusam.

"Ketahanan cat akan berkurang jika sering terkena sinar matahari langsung. Belum lagi sering kena air hujan dan membiarkan kering sendiri, akan lebih cepat kusamnya," tutup Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.