Sukses

Soal Hak Cipta, Volkswagen Menang dari Anak Perempuan Perancang Beetle

Penggugat juga tidak dapat membuktikan bahwa ayahnya berpartisipasi dalam pembuatan desain model VW KdF, yang merupakan pendahulu Beetle.

Liputan6.com, Jakarta - Anak perempuan Erwin Komenda, yang juga membantu merancang VW Beetle asli kalah dengan Volkswagen Group terkait hak cipta mobil ikonik tersebut. Kasus ini bergulir, karena sang penggugat meminta kompensasi atas kontribusi sang ayah sebesar 5,7 juta Euro atau setara dengan Rp91,6 miliar.

Melansir Carscoops, sang penuntut mengklaim jika VW Beetle yang dibangun pada 2014 dan seterusnya, masih menempelkan elemen desain ayahnya.

Elemen yang dipermasalahkan itu, digunakan dalam tiga generasi model yang disebut VW Kodok ini di Indonesia, yang mampu terjual lebih dari 22 juta unit di seluruh dunia selama lebih dari 70 tahun.

Namun, setelah memeriksa gambar dari 1934 yang diduga kuat dibuat oleh Komenda, Pengadilan Jerman memutuskan untuk menolak klaim hak cipta pada VW Beetle asli.

Penggugat juga tidak dapat membuktikan bahwa ayahnya berpartisipasi dalam pembuatan desain model VW KdF, yang merupakan pendahulu Beetle yang mulai diproduksi pada 1938 dan dirancang oleh Ferdinand Porsche.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan pengadilan

"Sangat penting untuk dicatat, bahwa pada saat membuat gambar, sudah ada banyak desain yang telah mengantisipasi konsep kendaraan dengan mesin belakang di bodi yang ramping, dengan kap mesin yang ditarik ke bawa (Tatra V570 dan Mercedes Type 130)," pernyataan pengadilan dalam sebuah pernyataan yang ditulis dalam bahasa Jerman.

Sebagai informasi, Erwin Komenda sendiri bekerja pada Ferdinand Porsche pada 1930-an. Selain itu, ia juga bekerja untuk Porsche pasca Perang Dunia ke-2, dan meninggal pada 1966.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.