Sukses

Rompi Dainese Ini Dilengkapi Airbag, Berapa Harganya?

Dainese barus saja meluncurkan rompi pintar yang dilengkapi airbag. Menariknya, sistem keselamatan ini bekerja tanpa perlu terhubung dengan motor atau perangkat lain.

Liputan6.com, Jakarta Dainese barus saja meluncurkan rompi pintar yang dilengkapi airbag. Menariknya, sistem keselamatan ini bekerja tanpa perlu terhubung dengan motor atau perangkat lain.

Ini merupakan bentuk pengembangan dari teknologi yang digunakan para penunggang motor kompetisi. Mereka mengklaim, studinya menyita waktu hingga 20 tahun. Sehingga peranti ini bisa digunakan secara luas dan tak merepotkan pengendara motor biasa.

Bahannya terbuat dari kain, dengan menyematkan teknologi yang disebut D-Air. Dibubuhi banyak ventilasi udara agar nyaman digunakan dalam berbagai kondisi cuaca. Karena cara menggunakannya dengan melapis di luar atau di dalam jaket biasa. Makanya, lubang aliran udara ini penting untuk kenyamanan.

Walaupun merupakan rompi safety, tak ada bahan keras layaknya protector balap. Hampir seluruhnya dibuat dengan bahan halus dan ringan. Tak menjadi masalah saat ingin mengantonginya di dalam tas. Rompi airbag ini mudah dilipat hingga ringkas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja

Nah, cara kerjanya, mengandalkan sebuah electronic central unit. Perangkat yang sanggup menganalisa bahaya melalui tujuh titik sensor. Sebanyak 1.000 kali dalam setiap detiknya, sistem canggih itu bakal terus menjaga Anda dari bahaya.

Berkat proses inilah, airbag langsung menyelimuti tubuh jika terdeteksi benturan. Bahkan, mereka juga mengklaim proses penggembungan kantung udaranya yang tercepat. Hanya membutuhkan waktu 45 milidetik. Yang jadi pertanyaan, bagaimana setelah meletus? Nyatanya, bisa diganti langsung pada diler Dainese terdekat. Tak perlu membeli rompi secara utuh lagi. Inilah yang membedakan dengan sistem airbag mobil.

Untuk mengisi dayanya hingga penuh, membutuhkan waktu enam jam. Kekuatannya mencapai 25 jam dalam keadaan stand-by. Namun jika diaktifkan, maksimal baterai bekerja selama 8 jam saja. Label berbahan karet yang ada di depan rompi, bakal bergetar saat dayanya habis.

Peranti semacam ini jelas penting, selain bagian kepala - organ paling vital - yang sudah terlindungi helm. Tapi punggung, dada dan leher juga butuh proteksi. Tak jarang pengemudi motor kehilangan nyawa akibat benturan bagian-bagian tadi.

 

3 dari 3 halaman

Harga

Untuk mendapatkannya, Anda perlu menggelontorkan dana $699,95 atau sekitar Rp 10juta. Ya, agak mahal memang. Tapi jika punya budget lebih dan gemar berkelana dengan motor, tak ada salahnya beli ini.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini