Sukses

Mengintip Spesifikasi Damon X, Motor Teraman di Dunia

Semakin berkembangnya teknologi membuka kemungkinan untuk pengembangan fitur di sektor otomotif. Seperti yang dilakukan oleh Damon yang mengembangkan sepeda motor canggih.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin berkembangnya teknologi membuka kemungkinan untuk pengembangan fitur di sektor otomotif. Seperti yang dilakukan oleh Damon yang mengembangkan sepeda motor canggih.

Pabrikan teknologi motor asal Kanada tersebut sedang mengembangkan prototype baru bernama Damon X. Mereka menyebut bahwa motor ini dilengkapi beragam teknologi baru dan canggih yang belum pernah ada di sepeda motor sebelumnya.

Mengutip dari Drivespark.com, ada 2 teknologi yang sedang dikembangkan dan akan terdapat pada Damon X, yaitu variable riding posisition dan sistem peringatan tabrakan berdasar kondisi lalu lintas.

Adanya variable riding position memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan posisi berkendaranya secara elektronik. Penggunanya dapat mengubah posisi jok, pijakan kaki, dan setang clip-on Damon X.

Dengan sistem ini, pengendara bisa merasakan kenyamanan berkendara sesuai dengan gayanya, seperti off-road, cruising, dan balap. Selain itu, foot-peg dan jok motor dapat dinaikkan untuk menambah jaraknya ke tanah.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi Canggih

Selain itu, Damon juga mengembangkan teknologi keselamatan bernama AWSM (Advance Warning System for Motorcycles). Sistem ini melibatkan radar, kamera, sensor, dan komputer built-in untuk mendeteksi 64 objek di sekitar Damon X, bahkan saat bergerak.

Saat mendeteksi adanya posisi bahaya, sistem ini akan memberikan sinyal kepada pengendara melalui lampu LED yang ada di kokpit. Pemberitahuan kedua adalah getaran di setang dan jok. AWSM dan Komputer pada motor ini terhubung dengan jaringan 5G.  Berkat teknologi tersebut, Damon X diklaim sebagai motor teraman di dunia.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.