Pesaing Toyota Avanza, Renault Triber Akhirnya Resmi Mengaspal

Oleh Arief Aszhari pada 19 Jun 2019, 19:23 WIB
Renault Triber Akhirnya Resmi Mengaspal (foto: Financialexpress)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah cukup menjadi bahan perbincangan di tengah-tengah penggemar otomotif, Renault Triber akhirnya resmi diperkenalkan. Model ini, merupakan mobil keluarga tujuh penumpang, yang digadang-gadang bisa menjadi pesaing berat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia.

Melansir Financialexpress, Renault Triber didasarkan platform modular CMF-A, yang juga digunakan Renault Kwid dan Datsun RediGo.

Model ini sejatinya merupakan MPV 5+2 kursi, dengan baris ketiga yang dapat dilepas sehingga bisa menambah ruang tambahan di kompartemen bagasi.

Eksteriornya, Renault Triber mengikuti filosofi yang sama dengan model Renault modern, seperti Captur, Kadjar, dan Koleos. Bagian muka menampilkan gril tebal, dengan lencana Renault yang besar di tengah.

Lampu utama menggunakan LED DRL yang diposisikan rendah di bumper depan. Model ini juga sedikit bergaya SUV dengan tambahan roof rail.

Jantung penggeraknya, model ini dipersenjatai dengan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1,0 liter. Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini mampu menghembuskan daya hingga 72 Tk dengan torsi puncak sebesar 96 Nm.

Saat diluncurkan, model ini tersedia dalam varian transmisi manual lima percepatan, dan AMT lima percepatan.

2 of 2

Renault Triber Bakal ke Indonesia, Rilis di GIIAS 2019?

MPV murah Renault Triber siap diboyong PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) untuk memeriahkan pasar otomotif Tanah Air pada Juli mendatang. Memiliki kapasitas tujuh penumpang, mobil tersebut akan diperkenalkan pada pameran otomotif GIIAS 2019.

"Namanya tetep Triber. Tanggal 19 Juni kan meluncur di India, untuk Indonesia di GIIAS. Jadi memang sebulan setelah negara asal," kata Chief Operating Officer MRI, Davy J Tuilan.

Meski sudah membocorkan kapan Renault Triber akan menyapa konsumen di Tanah Air, Davy masih enggan mengungkapkan spesifikasi dan fitur-fitur unggulan yang terdapat pada mobil dikelas Low MPV tersebut.

"Spesifikasi, fitur enggak ada perbedaan. Malah kalau bisa lebih bagus. Kami juga meinginkan sesuatu yang lebih baik," ujarnya.

Secara teknis, Triber berdiri di atas platform baru. Konon dikembangkan dari CMF-A, yang jadi basis Renault Kwid dan Datsun Redi-GO. Kabinnya punya tempat duduk modular, jadi ada tiga baris kursi yang bisa dikonfigurasikan sesuai kebutuhan, atau dua baris dengan ruang bagasi yang lega.

Lanjutkan Membaca ↓