Sukses

Mengecek Motor Sebelum Berkendara Bisa Mencegah Kecelakaan

Sebelum berkendara dengan motor jangan lupa memeriksa komponen penting agar tak memiliki masalah saat dioperasikan. Salah satu cara mudah untuk menerapkan hal ini ialah berkaca dari istilah T-Cloc (Tire, Control, Light, Oil dan Chassis).

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum berkendara dengan motor jangan lupa memeriksa komponen penting agar tak memiliki masalah saat dioperasikan. Salah satu cara mudah untuk menerapkan hal ini ialah berkaca dari istilah T-Cloc (Tire, Control, Light, Oil dan Chassis).

Seperti dilansir Federal Oil, Rabu (19/6/2019), pemeriksaan yang dilakukan memiliki tujuan penting yakni meminimalisir risiko kecelakaan.

Berikut ini pemeriksaan T-Cloc yang harus dilakukan pada kendaraan. Hal pertama ialah periksa tekanan angin ban dan kembangan ban. Apabila sudah gundul atau botak segera ganti dengan ban baru. Perhatikan juga retakan pada alur ban, ring, mur dan baut, rem depan serta belakang.

Periksa juga pengungkit gear transmisi, pedal rem, kabel-kabel kelistrikan dan hidrolik. Tak lupa memeriksa saklar-saklar seperti selang hidrolik (radiator), kabel gas serta kabel rem atau kopling.

Untuk lampu dan kelistrikan sepeda motor, lihat apakah seluruh komponen ini bekerja dengan baik. Tak lupa periksa juga speedometer.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Bahan Bakar dan Suspensi

Lihat apakah bahan bakar jumlahnya cukup dan sesuai untuk dipakai selama perjalanan dan apakah ada kebocoran pada tabung penampungan. Tak lupa juga lihat minyak rem.

Hal terakhir yang harus diperiksa ialah suspensi (pegas dan pelumas shockbreaker depan), perangkat penerus daya (rantai, belt atau gardan).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.