Tata Altroz, Penantang Honda Jazz Bermesin Turbo

Oleh Arief Aszhari pada 17 Jun 2019, 19:22 WIB
Tata Altroz

Liputan6.com, Jakarta - Segmen hatchback atau mobil perkotaan sepertinya bakal menjadi target pasar selanjutnya Tata Motors. Pasalnya, pabrikan asal India ini sudah mulai pamer model terbarunya, Tata Altroz di Geneva Motor Show 2019.

Mengutip Driverspark, Tata bahkan sudah mulai menunjukan tanda-tanda untuk meluncurkan pesaing Honda Jazz dan Suzuki Baleno tersebut. Jenama Tanah Hindustan ini sudah merilis website khusus untuk Altroz.

Website ini sendiri, sudah dikunjungi sebanyak 100 ribu pengguna internet di India dalam kurun waktu 23 jam. Jadi, model ini sepertinya bakal sukses menarik perhatian pecinta otomotif di India.

Tata Altroz dibangun di atas platform ALFA. Prediksinya, Tata Altroz akan menggunakan mesin bensin 1.2L turbocharged Revotron dengan transmisi manual 6-percepatan dan AMT 6-percepatan.

Mengutip dari Auto.ndtv.com Tata Altroz akan masuk ke pasar mobil India pada pertengahan 2019 mendatang. Kemungkinan harganya tak akan jauh dari pesaingnya, berkisar di angka INR600-800 ribu yang setara Rp120-160 jutaan (Kurs INR1 = Rp200).

Selain itu, Tata Motors juga memperkenalkan Tata Altroz EV. Meskikun masih sebatas konsep, namun ada kemungkinan model ini nantinya diproduksi massal.

2 of 2

Tata Motors Punya 8 Model Baru, Apa Saja?

ata Motors serius menatap tahun-tahun mendatang. Mengutip Auto.ndtv.com, pabrikan asal India itu berencana untuk merilis 7 sampai 8 mobil baru hingga 2020 mendatang.

Salah satunya adalah Harrier yang namanya sama persis dengan produk Toyota. Kesamaan nama inipun menjadi bahan pembicaraan di dunia otomotif.

Disebutkan, semua produk baru ini nantinya akan menggunakan dua (2) platform teranyar mereka, OMEGA dan ALFA. Keduanya mampu mebantu Tata untuk menjaga harga jual mobilnya tetap rendah.

Keputusan ini tentunya akan dimulai pada tahun 2019 mendatang. Yang pertama adalah mobil hatchback premium berkode Yaya 45X.

Selain itu, Tata Motors juga ingin memperbesar pasar mereka di India. Caranya adalah dengan membuka 17 dealer baru di negeri Bollywood tersebut.

Sampai saat ini, secara keseluruhan, Tata Motors telah memiliki 59 dealer dan 142 EMO (Emerging Market Operations) yang tersebar di 90 kota di India.

Lanjutkan Membaca ↓