Sukses

Melihat Pesona SM Sport RX3S, Motor Adventure dengan Harga Menggiurkan

Jakarta Fair 2019 menampilkan beragam motor baru yang menarik. Salah satunya adalah SM Sport RX3S . Motor seharga Rp 88,6 juta OTR Jakarta ini, menawarkan berbagai fitur menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Fair 2019 menampilkan beragam motor baru yang menarik. Salah satunya adalah motor adventure SM Sport RX3S. Motor seharga Rp 88,6 juta OTR Jakarta ini, menawarkan berbagai fitur menarik.

Dari mulai mesin 400cc, panel instrumen digital dan tampang keren. Kami yakin saat melihatnya, Anda bakal terkesima. Sekujur tubuhnya dipahat hingga menciptakan sudut-sudut tegas pada setiap sisi. Kesan kekar dan gagah terpancar jelas ala motor adventure.

Tapi satu hal juga yang kami pastikan, setiap orang bakal merasa ia mirip BMW R 1200 GS. Satu sisi, kemiripan ini bisa berdampak buruk. Entah karena diolok-olok barang tiruan dan lain sebagainya. Tapi di sisi lain, Anda bisa berbangga hati memiliki motor keren dengan harga yang cukup murah.

Dari depan ke belakang, tak ada proporsi yang buruk. Headlampnya dikelilingi cover hitam yang menyambung dengan windshield tinggi. Dibarengi rangkaian tulang besi di kanan-kiri fairing. Fungsinya untuk melindungi bodi hingga bagian mesin jika terbentur. Lalu buntutnya juga dipasangkan tulang besi untuk dijadikan bracket box tambahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimensi

Ia berdimensi bongsor. Total (P x L x T) 2.156 x 900 x 1.380mm, dan wheelbase 1.420mm. Alhasil kaki agak sulit menapak sempurna, karena jarak jok ke tanah menyentuh angka 820mm. Untungnya, mereka menyediakan opsi jok 790mm untuk yang berpostur tak terlalu tinggi. Tapi bobotnya lumayan berat. Menahan beban 200kg agak melelahkan, apalagi saat berada di kemacetan.

Urusan teknis mesin bisa dibilang lumayan baik. Kalau berdasar catatan pabrik, mesin dua silinder segarisnya bisa memacu tenaga 36 Tk di 9.000rpm. Sementara torsi puncaknya di angka 35Nm pada putaran 6.500rpm. Ini berkat kubikasi mesin 378cc dengan ukuran per silinder (Diameter x Langkah) 66x55.2mm. Juga rasio kompresi 10:1. Karakter mesin overbore inilah yang membuat pencapaian torsinya baru mulai di putaran menengah.

Saat memacunya, kecepatan maksimal usai di angka 139kpj. Tak begitu kencang. Tapi klaim konsumsi bahan bakarnya terbilang irit. Satu liter bensin bisa membawa motor hingga 29km. Makanya dalam keadaan tangki penuh (18 liter), motor mestinya sanggup menjelajah sejauh 522km. Tentu efisiensi ini tak lepas dari peran injeksi bensin elektronik.

 

3 dari 3 halaman

Fitur Lengkap

Menariknya lagi, fiturnya cukup lengkap. Di balik windshield tertanam slot USB dan soket power output 12V. Keduanya memiliki tutup karet agar tak kebasahan saat hujan. Terkait sajian informasi, semuanya sudah digital. Layarnya sangat besar dan canggih untuk ukuran motor seharga ini. Speedometer, takometer, tripmeter, fuel gauge dan suhu tertera. Bahkan layarnya sanggup menampilkan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) secara real time. Tampilan warnanya juga cukup menarik.

Beranjak pada kaki-kaki, RX3S dibekali garpu upside-down dan monoshock di belakang. Sedangkan rodanya memiliki dua opsi. Pertama dengan pelek palang dan balutan ban 110/80 19 inci (depan) dan 130/70 17 inci (belakang). Dan unit yang dipajang menggunakan pelek jari-jari alumunium berbalut ban 110/80 19 inci (depan) dan 130/90 15 inci (belakang). Di setiap peleknya sudah menempel disc brake berukuran besar yang dilengkapi sensor ABS (opsional).

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.