Sukses

3 Tunggangan yang Jadi Saksi Perjalanan Ani Yudhoyono Bersama SBY

Kendaraan apa saja yang menjadi bagian dari perjalanan salah seorang ibu negara RI? Simak ulasannya di sini

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Kristiani Herrawati atau yang lebih akrab kita kenal dengan nama Ibu Ani Yudhoyono wafat setelah berjuang selama lebih dari tiga bulan melawan kanker darah yang dideritanya. Istri mantan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono itu dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata pada Minggu sore.

Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, ibunda Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono itu sempat menjalani perawatan intensif di Nasional University Hospital (NUH) Singapura selama tiga bulan.

Semasa hidupnya, wanita yang meninggal di usia 66 tahun itu dikenal sebagai pribadi penyayang. Wanita yang kerap disapa Memo oleh orang terdekatnya itu juga aktif bermedia sosial dan sering memajang karya foto atau potret kegiatannya sehari-hari.

Memo yang dikenal sebagai penggemar fotografi lekat dengan karakternya yang baik. Siapa sangka, jauh sebelum keluarga SBY sukses seperti sekarang, Ani bersama keluarganya itu juga seperti keluarga lainnya mengawalinya dengan cara yang tidak instan.

Baik SBY maupun pemilik nama Kristiani Herrawati itu tentu pernah mengalami masa-masa sulit membina rumah tangga tersebut. Sebuah motor tua jadi saksi perjuangan perjalanan keluarga tersebut.

Motor tersebut terungkap dari Laporan Harta Kekayaaan Penyelenggara Negara (LKHPN) pada tahun 2014.

Motor apa yang dimaksud? Dan kendaraan apa saja yang menjadi bagian dari perjalanan salah seorang ibu negara RI itu? Simak ulasannya di sini, seperti dikutip dari MoneySmart:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Motor Suzuki Tornado Rp 2,5 juta

Motor itu adalah motor bebek Suzuki Tornado merupakan lansiran tahun 1997 dan diperoleh dari pemberian orang (hibah).

Suzuki Tornado milik SBY itu dibanderol dengan harga Rp 2,5 juta. Motor lawas ini punya mesin yang cukup bisa diandalkan.

Suzuki Tornado memiliki dua model, yaitu GX dan GS. Untuk seri Suzuki Tornado GX dibekali dengan mesin 100cc yang mampu menghasilkan tenaga 9,5 Tk.

Sementara itu, Suzuki Tornado GS mengusung mesin 109cc dengan tenaga maksimal 12,5 Tk.

3 dari 4 halaman

Mobil Mercedes Benz S600

Kala masih menjabat sebagai presiden ke-6 RI, SBY dan almarhumah Ani Yudhoyono selalu memakai mobil dinas kepresidenan Mercedes Benz S600 untuk mengantar RI 1 bertugas selama bertahun-tahun.

Mercedes-Benz S-Class dirancang oleh pabrikan Jerman untuk merepresentasikan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Mobil ini merupakan salah satu model flagship Mercedes-Benz. S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.

Mercedes-Benz memang sengaja membuat S600 Pullman Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi.

Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis.

Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

4 dari 4 halaman

Mobil Toyota Alphard

Dalam sejumlah kunjungan, Ibu Ani juga diketahui kerap menumpangi MPV mewah Toyota Alphard.

Toyota Alphard menjadi salah satu mobil MPV mewah dengan angka penjualan cukup tinggi sejak pertama kali muncul di tahun 2002. Ukurannya yang besar dengan interior mewah menjadikan mobil ini sebagai mobil standar bagi kalangan menengah atas di Indonesia.

Untuk menegaskan kelasnya sebagai salah satu mobil MPV mewah di Indonesia, Alphard selalu hadir dengan berbagai macam kemewahan di bagian luar dan dalam mobil.

Di bagian interior, setiap detail dari mobil ini sudah menggunakan material kulit yang mewah dan nyaman. Untuk bagian hiburan juga sudah tersedia lengkap dengan berbagai fitur canggih, seperti heated seat dan monitor di dalam ruangan kabin.

Kursi mobil ini sangat canggih dan juga nyaman untuk digunakan. Dengan pengaturan kursi elektrik akan membuat Anda semakin mudah menentukan tingkat kenyamanan ketika berkendara.

Sebagai sebuah mobil mewah, Toyota Alphard tentunya sudah menyediakan berbagai macam fitur keselamatan yang sangat cukup bagi penumpangnya. Mobil ini sudah dibekali dengan 7 buah safety airbag untuk seluruh penumpang di dalamnya.

Sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Stability Control, Crash Sensor, Kamera Parkir, 3 Point Seatbelt, dan berbagai fitur lainnya sudah ada di mobil ini.

Namun, tidak diketahui Toyota Alphard tahun berapa yang kerap digunakan Ibu Ani dan keluarga.

Terlepas dari kendaraan yang pernah menemaninya beraktivitas, kini Ibu Ani telah tenang dan tidak lagi merasakan sakit yang dideritanya. Selamat jalan Ibu Ani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.