Sukses

Selesai Mudik Lebaran, 8 Komponen Ini Wajib Diperiksa

Pasalnya, mobil yang telah melakukan perjalanan jauh sekaligus membawa beban riskan terhadap berbagai masalah. Karena itu, ada baiknya mobil mendapatkan perlakuan khusus agar terasa nyaman kembali saat dipakai harian.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mudik Lebaran berakhir, Anda wajib melakukan berbagai pemeriksaan pada mobil kesayangan.

Pasalnya, mobil yang telah melakukan perjalanan jauh sekaligus membawa beban riskan terhadap berbagai masalah. Karena itu, ada baiknya mobil mendapatkan perlakuan khusus agar terasa nyaman kembali saat dipakai harian.

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa bagian komponen mobil yang harus dilakukan pengecekan, antara lain:

1. Oli dan transmisi

Komponen pertama yang harus dicek adalah oli dan transmisi. Apakah keduanya masih layak pakai? Jika tidak, maka segera ganti. Oli gardan dan oli transmisi itu harus diganti jika mobil telah menempuh jarak lebih dari 20 ribu kilometer.

2. Radiator

Jangan lupa cek ketinggian air radiator setelah perjalanan jauh. Apakah masih sesuai standar atau tidak. Jika mobil yang digunakan sudah uzur, baiknya kuras airnya. Radiator sendiri adalah komponen yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Aki

Komponen selanjutnya adalah aki. Pastikan rumah aki tidak kekurangan atau kelebihan air. Cek pula kekencangan terminal dan kualitas air aki. Untuk diketahui, aki yang baik adalah jika volt meter menunjukkan angka 12 sampai 13 volt saat mesin mati.

4. Rem

Komponen wajib cek selanjutnya adalah rem. Tentu komponen yang satu ini tak perlu dijelaskan lagi fungsinya dalam sebuah kendaraan.

Coba periksa ketebalan kampas serta minyak rem. Lihat pula apakah ada indikasi kebocoran atau tidak. Kalau iya, maka komponennya harus diganti.

5. Lampu

Komponen wajib periksa lainnya adalah lampu. Pasalnya, perjalanan mudik menempuh waktu yang panjang, tak terkecuali di malam hari.

Dalam hal ini, pastikan lampu berfungsi dengan baik. Periksalah lampu utama, lampu kabut, dan lampu sein.

 

3 dari 3 halaman

6. Ban

Perjalanan jauh seperti mudik membuat ban aus. Karenanya, periksa juga komponen ini. Pastikan juga tekanan anginnya.

Pengecekan ini berlaku juga padaban cadangan. Ingat, ban yang baik dapat membantu pengendalian mobil agar maksimal.

7. AC

Saat mudik, komponen ini berguna agar perjalanan tetap nyaman. Karena bekerja cukup lama, periksa juga komponen ini setelah sampai rumah.

Apa yang harus diperhatikan pada AC adalah kinerja kompresor dan magnetic clutch. Dua komponen ini rusak, maka kinerja AC tak akan maksimal.

8. Kebersihan

Inilah hal terakhir yang harus diperiksa. Selama perjalanan, pasti banyak sampah tertinggal di dalam mobil. Jika dibiarkan maka bau tak sedap akan datang.

Maka, segeralah bersihkan kabin dari segala sampah, hilangkan debu dengan penyedot, lalu terakhir gunakan pengharum agar mobil kembali nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini