Sukses

Seusai Mudik, Manjakan Motor dengan Body Detailing

Setelah selesai mudik, motor kinclong seperti baru menjadi keingingan semua pemudik. Mencuci saja sebenarnya tak cukup, karena ada perawatan yang lebih baik lagi yaitu detailing.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah selesai mudik, motor kinclong seperti baru menjadi keingingan semua pemudik. Mencuci saja sebenarnya tak cukup, karena ada perawatan yang lebih baik lagi yaitu detailing.

Fasilitas ini mungkin identik dengan mobil, tapi ternyata sudah mulai banyak penyedia layanan yang khusus menggarap motor. Salah satunya KJV Motoclean di Kelapa Gading, Jakarta.

Sesuai namanya, ini merupakan layanan pembersihan kendaraan dengan lebih detail. Selain berfungsi menjaga tampilan motor, perawatan ini punya manfaat lain, seperti melindungi suku cadang dari munculnya karat dan memperlambat proses keausan akibat kotoran yang membandel.

“Setelah mudik, biasanya motor jadi kotor. Karena itu disarankan utk detailing, setidaknya body detailing supaya kondisi motor tetap terjaga dengan baik. Keuntungan lain bagi yang biasa detailing, saat mau menjual motor. Karena kondisinya kan sudah di-restore, enak dilihat, jadi tidak jatuh harganya,” terang Mikhael, Manager KJV Motoclean pada OTO.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga

Perawatannya bermacam-macam, bahkan tersedia dalam beberapa paket yang disesuaikan kebutuhan konsumen. KJV Motoclean sendiri menawarkan tiga opsi : premium wash & wax, body detailing, dan full detailing. Lantas apa perbedaannya? Untuk wash & wax seperti cuci motor biasa, tapi dengan sampo khusus. Sedangkan full detailing lebih mendalam, mulai dari bodi, sampai rangka dan mesin dengan beragam tahapan hingga poles dan waxing.

“Kalau Body Detailing, prinsipnya sama seperti full detailing, hanya bedanya tidak bongkar bodi. Jadi dibersihin dari luar, terbatas pembersihannya. Tapi harga lebih murah sekitar 50 persen dan durasi pengerjaan lebih cepat,” tambahnya.

Untuk biaya tentunya berbeda bagi tiap paket dan diklasifikasikan berdasarkan jenis motor. KJV Motoclean sendiri membaginya menurut kapasitas mesin, di bawah 150cc, 150-250cc dan di atas 250cc. Pilihan wash & wax untuk motor 150cc ke bawah dipatok Rp 50 ribu, 150-250cc Rp 75 ribu dan Rp 100 ribu untuk 250cc ke atas.

Opsi body detailing motor dibanderol Rp 195 ribu untuk motor di bawah 150cc, Rp 275 ribu untuk 150-250cc dan di atas 250cc senilai Rp 350 ribu. Paket paling mahal (full detailing motor) bisa mencapai Rp 390 ribu hingga Rp 690 ribu.

 

3 dari 3 halaman

Durasi Pengerjaan

Durasi pengerjaannya menurut Mikhael dari tiga sampai lima jam. Itu pun tergantung motornya, tingkat kesulitan dan pilihan perawatan. Menariknya, KJV Motoclean turut menawarkan layanan servis di rumah (Home Service) dengan syarat tertentu.

“Syaratnya hanya jarak maksimal 30 km dari workshop kami di Kelapa Gading. Bila lebih ada tambahan biaya transportasi Rp 5 ribu per km,” tutupnya

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.