Jangan Bingung, Begini Cara Deteksi Kopling Mobil yang Bermasalah

Oleh Arief Aszhari pada 10 Jun 2019, 19:03 WIB
Kopling

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dengan transmisi otomatis memang semakin digemari, seiring dengan semakin macetnya kondisi lalu lintas di kota-kota besar, seperti Jakarta. Namun, keberadaan mobil bertransmisi manual juga masih banyak, dan masih diminati karena perawatan yang lebih mudah.

Biasanya, permasalahan mobil bertransmisi manual, terdapat pada kopling. Bagian kendaraan yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga pada mobil untuk bisa jalan bisa menjadi penyebab tidak maksimalnya mobil, apalagi jika dibiarkan terlalu lama.

Sebaiknya Anda peka terhadap gejala kopling yang tidak enak lagi untuk diinjak dan dipindahkan. Selain menghemat biaya, kerusakan pun tidak akan menjalar ke bagian kendaraan yang lain. Lalu apakah kerusakan kopling mobil bisa di deteksi secara awal?

Melansir Suzuki Indonesia, gejala pertama ketika anda tidak nyaman ketika menginjak kopling. Kopling perlu ditekan lebih dalam dan transmisi juga terasa keras dipindahkan.

Selain itu, perhatikan jika saat mengemudikan mobil sudah menekan kopling dan memindahkan transmisi pada gigi satu namun kendaraan tidak bergerak. Hal ini bisa diatasi dengan perawatan kopling di bengkel. Pastikan semua bagian kopling seperti plat kopling yang mungkin sudah harus diganti.

2 of 3

Gejala Kedua

Gejala kedua, yaitu tenaga yang seharusnya bisa didapat dari transmisi tertentu tidak terjadi. Misalkan jika dan menginginkan kecepatan lebih, pergerakan transmisi dari gigi dua ke gigi tiga pergerakan kendaraan tidak semaksimal yang diinginkan.

Jika anda mencoba berkendara pada jalan tanjakan maka akan sangat terasa tenaga kendaraan tidak memadai secara maksimal, biasanya dibarengi dengan getaran kendaraan. Anda bisa meminta pegawai bengkel untuk memeriksa cover clutch dari kopling.

Hal lain yang terjadi pada kendaraan ketika memindahkan transmisi anda akan mendengar suara yang tidak biasa. Suara tersebut bersumber pada bearing kopling yang sudah mengering. Anda bisa membeli pelumas untuk bearing tersebut.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓