Tak Mudah Lelah, Ini Posisi Berkendara yang Benar

Oleh Dian Tami Kosasih pada 10 Jun 2019, 16:01 WIB
7 Posisi 'Pewe' dan Aman Berkendara

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan jauh dengan kendaraan roda dua atau yang biasa disebut touring akan membuat badan lebih cepat lelah. Tak hanya itu, posisi riding juga sangat menentukan seberapa lelahnya pemotor saat perjalanan.

Karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan tidak cepat lelah. Seperti dilansir Federal Oil, Senin (10/6/2019), berikut tips riding supaya tidak mudah capek.

Posisi duduk yang benar membuat pemotor tidak mudah capek. Untuk posisi yang nyaman, usahakan paha menjepit jok, atau saat menggunakan motor sport pengendara bisa menjepit tangki bensin.

Selain tidak mudah capek saat berkendara, posisi tersebut juga dapat menjadikan pengendara lebih stabil dari posisi duduk saat berkendara.

Hindari duduk terlalu ke depan atau ke belakang. Duduklah sesuai kenyamanan tubuh pengendara. Usahakan posisi punggung tegak lurus.

2 of 3

Jangan Membungkuk

Jangan terlalu membungkuk ketika mengendarai motor, sebab, posisi punggung yang agak membungkuk membuat tubuh bekerja lebih ekstra yang akhirnya lebih cepat lelah.

Posisi tangan usahakan tidak tegak lurus agar tidak cepat lelah. Biarkan tangan agak menekuk sekitar 30 derajat dari sisi luar.

Selain tidak membuat cepat lelah, posisi tangan agak menekuk bisa meredam efek guncangan pada bahu ketika pemotor harus melewati jalanan berbatu.

Kaki harus siaga. Maksudnya, letakkan seluruh telapak kaki di atas footstep. Posisi ini juga membuat pemotor lebih siap jika sewaktu-waktu melakukan rem mendadak.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓