Sukses

Mengemudi Malam Hari Saat Arus Balik, Perhatikan Empat Hal Ini

Pemudik sering kali melakukan perjalanan dan balik ke kota pasca Lebaran pada malam hari. Mereka percaya, mengemudi di malam hari jalanan akan lebih lengang, sehingga lebih cepat sampai tujuan dan bebas dari teriknya matahari.

Liputan6.com, Jakarta - Pemudik sering kali melakukan perjalanan mudik dan balik ke kota pasca Lebaran pada malam hari. Mereka percaya, mengemudi di malam hari jalanan akan lebih lengang, sehingga lebih cepat sampai tujuan dan bebas dari teriknya matahari.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan perjalanan seperti dilansir Nissan. Disebut lebih sulit dan berbahaya kurangnya cahaya menjadi salah satu penyebab sehingga pengendara harus lebih waspada.

Selain itu, berkendara pada malam hari juga meningkatkan kesulitan pada para pengendara dalam mempertimbangkan kecepatan dan jarak dari pengendara lain.

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika berkendara malam hari:

1. Bersihkan kaca jendela

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kaca jendela mobil Anda tetap bersih sehingga dapat memudahkan jarak pandang pada mata Anda.

Kotoran dan embun akan sangat mengganggu kemampuan visibilitas Anda. Pastikan windshield cleaner di mobil selalu terisi sehingga dapat membersihkan kaca mobil setiap saat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Periksa lampu utama mobil

2. Periksa lampu utama mobil

Di malam hari, lampu utama mobil sangat membantu ketika sedang bepergian. Pastikan keadaan lampu utama mobil berfungsi dengan baik.

Keadaan lampu utama yang redup berdampak sangat buruk terhadap penglihatan dan membutakan pengendara lain. Ketika berkendara, pastikan pula cahaya lampu dari dalam mobil lebih redup sehingga tidak mengganggu penglihatan.

Dengan menggunakan lampu utama, pastikan juga tidak membuat pengendara lain silau ketika berpapasan dengan mobil Anda.

Selain berbahaya bagi pengendara lain, hal tersebut juga dapat membahayakan keselamatan diri Anda. Tips lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyalakan lampu mobil di waktu senja, meskipun masih cukup terang, dengan menyalakan lampu lebih dulu, Anda dapat membantu pengendara lain untuk lebih waspada.

3. Perhatikan sekitar dan waspada

Cara terbaik untuk menghindari sebuah kecelakaan lalu lintas pada malam hari adalah dengan memperhatikan cahaya dan pergerakan sekitar serta terus melihat kaca pada mobil.

Menjaga mata tetap waspada adalah hal yang penting baik untuk memperhatikan lampu dari mobil lain, apabila ada yang tidak menggunakan lampu utama.

Pada malam hari sulit untuk memperhatikan keadaan sekitar seperti hewan-hewan di pinggir jalan, anak-anak yang berada di pinggir jalan atau bahkan sampah kecil yang dapat menyebabkan masalah pada mobil nanti.

 

3 dari 3 halaman

4. Menjaga jarak aman mobil

4. Menjaga jarak aman mobil

Menjaga jarak aman memang sudah dianjurkan bagi setiap pengendara. Hal tersebut juga perlu sekali diperhatikan ketika Anda sedang berkendara pada malam hari.

Jagalah jarak antara mobil dan kendaraan yang berada di depan. Jangan posisikan mobil terlalu dekat dengan kendaraan di depan. Hal tersebut perlu dihindari karena dengan jarak mobil yang terlalu dekat dengan kendaraan di depan dapat membuat cahaya lampu dari mobil Anda lebih terang dan akhirnya dapat mengganggu pengendara di depan mobil.

Alasan lain mengapa perlu menjaga jarak dengan kendaraan di depan adalah karena ketika siang hari penglihatan Anda dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat lebih mudah untuk menyikapi jika sebuah kecelakaan terjadi di depan.

Sebaliknya, ketika malam hari penglihatan mata tidak sebaik di siang hari. Maka dengan menjaga jarak pandang, Anda dapat mengantisipasi kejadian tersebut lebih bijak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini