Setelah Mudik Lebaran, Ini 5 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa

Oleh Arief Aszhari pada 08 Jun 2019, 11:06 WIB
Ilustrasi bengkel

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik mobil yang menggunakan kendaraannya untuk mudik lebaran, memang harus melakukan pemeriksaan sebelum berangkat. Namun, bukan berarti setelah melakukan perjalanan ke kampung halaman, tidak perlu memeriksa roda empat kesayangannya lagi.

Pasalnya, dengan melakukan pemeriksaan kembali setelah tiba di rumah, bakal mempengaruhi performa mobil, terlebih jika sudah harus digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Berikut, lima komponen mobil yang harus diperiksa setelah kembali dari mudik lebaran, seperti dijelaskan oleh Mitsubishi Indonesia:

1. Pelumas atau Oli

Jika sebelum pergi mudik sudah dilakukan pergantian oli, sebaiknya tetap dilakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran atau tidak.

Coba lihat melalu dip stick, dan setelah itu lihat apakah bagian di sekitar mesin ada yang basah akibat rembesan oli atau tidak.

2. Filter Bahan Bakar

Khusus bagi kendaraan bermesin diesel, sebaiknya diperiksa juga filter bahan bakarnya. penggunaan bahan bakar selama mudik dengan berbagai kondisi membuat filter bahan bakar ini rentan kotor.

Penggantian filter secara rutin juga meminimalisir kotoran masuk ke dalam proses pembakaran.

2 of 2

Kaki-Kaki

3. Kaki-Kaki

Beragam kondisi jalan membuat bagian ini rentan terpengaruh dan membutuhkan pemeriksaan menyeluruh. Pemeriksaan kaki-kaki cukup mudah.

Bagian shockbreaker misalnya, pemilik cukup melihat dan meraba bagian tabung. Jika ada rembesan oli bisa jadi piranti mengalami kerusakan.

Bagian kaki-kaki juga termasuk kondisi ban. Setelah pemakaian mudik cek kondisi tekanan ban, juga tidak lupa melihat Tread Wear Indicator (TWI) berupa segitiga untuk melihat tingkat keausan ban.

4. Rem

Untuk bagian ini, coba cek ketebalan kampas rem. Sebab, kondisi perjalanan mudik yang beragam juga memaksa rem bekerja keras.

5. Interior mobil

Selama perjalanan kabin mobil menjadi seperti rumah kedua. Untuk itu pasti banyak sisa-sisa makanan di dalam kabin, jika dibiarkan kotoran ini akan menjadi kuman penyakit.

Untuk itu sebaiknya bersihkan kabin mobil secara menyeluruh menggunakan vacuum cleaner.

Lanjutkan Membaca ↓