Sukses

Ternyata, Video Ikan Berenang Bisa Hilangkan Mabuk Kendaraan

Pengemudi hampir tidak pernah mengalami mabuk kendaraan. Lain halnya dengan penumpang mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Pengemudi hampir tidak pernah mengalami mabuk kendaraan. Lain halnya dengan  penumpang mobil. 

Mengapa begitu? Sebab penumpang tak bisa memprediksi tindakan pengemudi selanjutnya. Mabuk kendaraan ini bisa melanda sepertiga dari seluruh penumpang mobil, seperti studi yang dilakukan National Institutes of Health (NIH).

Tapi bagaimana jika pengemudi yang memakai mobil self-driving? Mengingat mobil otonom itu bisa membuat pengemudinya tak harus berkonsentrasi mengarahkan setir kemudi.

Dilansir Zing, rupanya hal itu tengah dipikirkan juga oleh Volkswagen. VW mengatakan telah bekerja sama dengna para ilmuwan di Wolfsburg, Jerman untuk mengembangkan teknologi self-propelled car sickness.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video Ikan

Pabrikan Jerman itu banyak melakukan eksperimen untuk mendapatkan solusi atas hal tersebut. Satu di antaranya adala menggunakan strip LED besar berwarna merah atau hijau yang dipasang di kendaraan. Lampu LED itu akan menyala sesuai dengan laju kendaraan. Sehingga pengemudi bisa menebak pergerakan kendaraan self-driving itu.

Ada juga soal ide menggeser tempat duduk. Namun disebut tak ada solusi spesifik dengan ide ini. VW juga memasang sensor untuk mengukur denyut jantung dan suhu kulit, serta kamera untuk mengamati warna kulit. 

Menariknya lagi, VW juga memasang tablet dan menampilkan video ikan berenang. Hasilnya menunjukkan bahwa jika tak ada video yang menggambarkan gerakan itu, orang yang duduk di mobil akan mabuk.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.