Motor 2-Tak Kembali Booming, Bagaimana Ketersediaan Olinya?

Oleh Liputan6.com pada 31 Mei 2019, 12:02 WIB
Diperbarui 31 Mei 2019, 23:15 WIB
Serba Serbi RX King, Sang Raja Sepeda Motor 2-Tak

Liputan6.com, Jakarta - Motor dengan mesin 2-Tak saat ini kembali booming. Hal ini tak terlepas dari tren retro dan 90s yang kian digandrungi.

Evalube sebagai produsen pelumas pun mendapati fenomena unik ini termasuk dalam penjualan pelumas mereka. Pasalnya, hingga hari ini mereka masih menyediakan pelumas untuk mesin-mesin lawas yang sedang bangkit lagi tersebut. Bahkan persentase penjualan mereka cukup besar.

"Kalau dibanding pelumas 4-Tak, 60-40. Empat puluh persen lebih masih di 2-Tak masih cukup besar walaupun kontribusi luar Jawa," kata Marketing Manager Evalube lvan Rastianto.

Menurut dia, pasar 2-Tak ini unik. Salah satu yang sedang ramai adalah RX-King, selain juga Vespa-Vespa keluaran tahun lama, serta Ninja 150.

"Sekarang lagi booming lagi, RX-King sekarang jadi mahal. Kami sampai kerjasama dengan komunitas dari Bandung sampai Kalimantan Barat,"

"Mereka juga bantu jual produk kami. Tapi pakainya yang synthetic yang low smoke. Itu banyak sampai mereka pada pakai," ujarnya merujuk pada produk Evalube khusus 2-Tak berkode warna kuning.

 

2 dari 2 halaman

Pelumas Mesin Non-roda

Salah satu pasar besar yang mereka sediakan untuk mesin 2-Tak juga mencakup mesin-mesin di luar kendaraan beroda.

"Kalau yang (kode warna) hijau ada yang lari ke Vespa lama. Tapi di Indonesia ada pasar besar untuk non-roda, kapal tempel, genset buat di tengah laut. Kami masuk juga di segmen itu. Indonesia kan kaya ya, ada hutan yang butuh mesin potong, ada nelayan," ujarnya.

Satu yang menarik dari fenomena ini adalah tidak sulitnya para penyuka kendaraan lawas dalam hal regulasi.

"Kita Alhamdulillah enggak ada regulasi motor-mobil lama pajaknya lebih mahal. Jadi ya (masih dipakai)," ujarnya seraya menyebut bahwa Evalube masih menyediakan pilihan pelumas untuk skutik lawas Kymco dan Mio yang secara clearence tidak terlalu rapat sehingga butuh pelumas yang kental.

Lanjutkan Membaca ↓