Sukses

Memahami Pentingnya Asuransi Mudik

Persiapan sebelum memulai perjalanan mudik, biasanya dilakukan agar perjalanan berjalan nyaman dan aman. Tak hanya dari sisi transportasi, biaya, kesehatan, hingga barang bawaan juga turut menjadi perhatian penting.

Liputan6.com, Jakarta - Persiapan sebelum memulai perjalanan mudik, biasanya dilakukan agar perjalanan berjalan nyaman dan aman. Tak hanya dari sisi transportasi, biaya, kesehatan, hingga barang bawaan juga turut menjadi perhatian penting.

Namun di antara persiapan tersebut, tidak banyak yang mempersiapkan asuransi mudik. Sebagai salah satu bentuk antisipasi, asuransi kendaraan dinilai Adira sangat penting dalam perjalanan mudik.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance, menjelaskan, ada banyak manfaat dari asuransi kendaraan selama mudik. Di antaranya, mengurangi biaya tambahan terjadi saat hal tak terduga selama perjalanan.

"Risiko yang kemungkinan terjadi selama mudik bisa diminimalisir dengan perlindungan asuransi, Anda sudah membayarkan premi setiap bulan atau tahunnya untuk menjaga kendaraan tersebut. Jadi tidak perlu menyiapkan dana tambahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan," ujar Julian.

Pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik juga dikarenakan adanya kemudahan penanganan kendaraan saat darurat. Pemilik bisa menghubungi layanan bantuan yang tersedia di perusahaan asuransi apabila kendaraan terkena masalah selama perjalanan mudik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rawan Kecelakaan

"Selama periode mudik lebaran, Adira Insurance selalu menyiapkan contact center dan rescue unit yang standby 24 jam di Indonesia," ujar Julian.

Selain itu, Adira Insurance juga berkoordinasi dengan Autocillin Garage yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan kendaraan masuk bengkel karena kecelakaan atau berbagai risiko lainnya. Pemilik hanya perlu menggunakan aplikasi untuk melihat bengkel rekanan terdekat dari lokasi pemudik.

Julian melanjutkan, pemudik juga perlu memiliki asuransi kendaraan karena rawan terjadi kecelakaan. Dia mengatakan, volume kendaraan menjelang mudik biasanya meningkat sehingga resiko kecelakaan meningkat.

 

3 dari 3 halaman

Kasus Kecelakaan

Kementerian Perhubungan mencatat, kasus kecelakaan di jalur darat mencapai 1.289 kasus pada 2016 lalu. Tingginya tingkat kehilangan kendaraan selama perjalanan mudik juga menjadi penyebab asuransi penting dimiliki.

Asuransi bisa menjadi jawaban dari risiko ini karena adanya perlindungan kehilangan yang lebih dikenal dengan perlindungan Total Loss Only (TLO) kendaraan yang dibawa mudik maupun yang ditinggal di rumah.

Penyebab lain pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik ialah tingkat kerusakan kendaraan. Pasalnya, perjalanan mudik biasanya menempuh jarak jauh dan kerusakaan kendaraan tidak dapat diprediksi. Dengan melihat manfaat asuransi di atas, masyarakat diharapkan semakin paham pentingnya asuransi, terutama untuk kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • Mudik menurut KBBI adalah pulang ke kampung halaman.

    Mudik