Sukses

Jangan Cuma Kendaraannya, Hal Ini Juga Harus Dipersiapkan Saat Mudik

Dalam rangka menyambut libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, mudik menjadi sebuah tradisi yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka menyambut libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, mudik menjadi sebuah tradisi yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Beragam cara dan sarana transportasi dapat dipilih untuk menuju kampung halaman, salah satunya dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Ada tiga hal dasar yang harus diperhatikan pemudik saat melakukan perjalanan ke kampung halaman agar aman, nyaman dan menyenangkan selama perjalanan ala Daihatsu.

1. Persiapan kendaraan

- Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan telah melakukan service rutin di bengkel resmi. Pemilik kendaraan juga bisa melakukan pengecekan manual pada bagian mesin seperti oli, air radiator, serta bagian kemudi seperti minyak rem, brake pad, ball joint, kondisi ban dan tekanan angin.

Tak lupa periksa kelistrikan yang meliputi lampu-lampu termasuk air conditioner (AC).

- Lakukan pengecekan kondisi kaca film khususnya untuk perjalanan pada siang hari. Bawa pelindung mata agar tidak cepat lelah saat berkendara.

- Bawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti dongkrak, ban cadangan, kotak P3K, kunci-kunci, serta tool kit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Persiapan Diri

- Pastikan kesehatan dalam kondisi baik dan membawa obat-obatan pribadi jika diperlukan.

- Membawa kelengkapan surat-surat yang diperlukan dan uang tunai secukupnya.

- Taruh muatan di dalam kabin mobil agar lebih aman. Perhatikan juga muatan, jangan sampai menghalangi visibilitas terutama kaca spion ke arah belakang mobil.

3. Selama Perjalanan

- Menggunakan fitur kendaraan sesuai dengan peruntukkan, seperti selalu menggunakan sabuk pengaman dan penggunaan lampu hazard hanya untuk saat kondisi darurat.

- Patuhi peraturan dan rambu lalu lintas serta waspada memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Hindari rem mendadak dengan selalu menjaga jarak aman. Selalu hidupkan lampu sein saat ingin pindah jalur, dan jangan menelpon saat mengemudi.

- Beristirahat setelah menempuh perjalanan panjang. Maksimal 3 jam setelah berkendara. Lakukan senam ringan atau istirahat kecil untuk mengembalikan kebugaran dan fokus ketika melanjutkan perjalanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini