3 Bahan Murah untuk Hilangkan Jamur Kaca Mobil

Oleh Liputan6.com pada 26 Mei 2019, 19:08 WIB
Diperbarui 26 Mei 2019, 19:08 WIB
Kaca Mobil
Perbesar
Jamur menyebabkan visibilitas kaca mobil jadi berkurang. (pixabay/Русский)

Liputan6.com, Jakarta Seiring perjalanaan waktu, kaca mobil bisa berubah menjadi buram. Cuaca menyebakan jamur tumbuh di kaca mobil. Kehadiran jamur membuat kaca mobil jadi tidak jelas seperti awal.

Jamur di kaca mobil juga bisa datang dari kebiasaan kurang benar. Apalagi jika malas merawat mobil.

Untuk menghilangkannya, sebenarnya sudah ada cairan khusus penghilang jamur. Cairan ini pun sudah dijual bebas di pasaran. Tapi, menurut Daihatsu Indonesia, bahan di rumah juga bisa dipakai menghilangkan jamur pada kaca mobil, apa saja?

1. Pasta Gigi

Caranya, oleskan pasta gigi pada kaca mobil secukupnya. Tunggu hingga kering. Jika sudah, bilas dengan air bersih sambil digosok menggunakan kain lembut agar jamur hilang. Keringkan segera dengan kertas koran yang bersih dan kering.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Pemutih Pakaian

Usir Jamur Membandel di Mobil dengan Tips Jitu Ini
Perbesar
Jamur bisa timbul di dalam mobil dan biasanya kemunculan jamur di dalam mobil akibat ada makanan cair atau minuman tumpah yang tidak segera dibersihkan. Bila jamur ini tidak segera bersihkan, dapat membuat jok kursi jadi jelek dan rusak.

Basahi kain lembut dengan cairan pemutih pakaian secukupnya. Gosokkan dengan lembut pada kaca mobil hingga bersih. Kaca mobil terbebas dari jamur dan bersih kinclong.

Yang perlu diingat dalam membersihkan kaca mobil adalah menggunakan kain yang lembut dan tidak terlalu kuat menekan saat menggosok sehingga tidak menimbulkan goresan. Dalam proses pengeringan hendaknya mobil diparkir di tempat teduh untuk menghindari sinar matahari langsung.

3. Minuman Soda

Pertama bersihkan kaca mobil dengan kain kering, kemudian basahi kain lembut lainnya dengan air soda dan gosokkan ke kaca mobil. Lakukan beberapa kali hingga jamur hilang.

Pembersihan kaca mobil tidak menggunakan air supaya unsur kimia dalam soda tidak bersenyawa dengan air dan mengurangi khasiatnya. Sebaikna, pilihlah minuman soda yang tidak mengandung gula.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya