Sukses

Mudik Nyaman dan Tetap Aman, Begini Persiapannya

Momen libur Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk kumpul bersama keluarga. Persiapan perjalanan mudik sangat diperlukan.

Liputan6.com, Jakarta - Momen libur Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk kumpul bersama keluarga. Bahkan, tradisi mudik masih menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia baik untuk bersilaturahmi, atau sekedar jalan-jalan ke tempat wisata di kampung halaman tercinta.

Beragam cara dan sarana transportasi dapat dipilih untuk menuju kampung halaman, salah satunya dengan kendaraan pribadi, khususnya mobil. Berikut tips mudik nyaman dan aman ala Daihatsu, serta pelayanan purna jual demi menambah keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, agar mudik terasa lebih menyenangkan:

1) Persiapan kendaraan

Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan telah melalui servis rutin di bengkel. Kita juga bisa melakukan pengecekan manual terhadap bagian mesin seperti oli, air radiator, serta bagian rem dan kemudi seperti minyak rem, brake pad, ball joint, kondisi ban dan tekanan angin, dan juga bagian kelistrikan meliputi lampu-lampu (head lamp, fog lamp, hazard, dan lain-lain) termasuk air conditioner (AC).

Kemudian lakukan pengecekan kondisi kaca film khsusnya untuk perjalanan siang hari dan bawa pelindung mata agar tidak cepat lelah saat berkendara nantinya. Terakhir, bawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti dongkrak, ban cadangan, kotak P3K, kunci-kunci, serta tool kit lainnya.

2) Persiapan Diri

Pastikan kesehatan kita dalam kondisi yang baik dan membawa obat-obatan pribadi jika diperlukan. Lalu, membawa kelengkapan surat-surat yang diperlukan dan uang tunai secukupnya.

Menaruh muatan di dalam kabin mobil sehingga lebih aman. Perhatikan juga muatan, jangan sampai menghalangi visibilitas terutama kaca spion ke arah belakang mobil.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selama Perjalanan

3) Selama Perjalanan

Menggunakan fitur kendaraan sesuai dengan peruntukkan, seperti selalu menggunakan sabuk keselamtan, penggunaan lampu hazard hanya untuk saat kondisi darurat. Patuhi peraturan dan rambu lalu lintas, serta selalu waspada dan memperhatikan kondisi di sekitar, hindari rem mendadak dengan selalu menjaga jarak aman, selalu hidupkan lampu sein saat ingin pindah jalur, dan jangan menelon saat mengemudi.

Setelah itu, beristirahatlah apabila perjalanan yang cukup panjang maksimal 3 jam setelah berkendara. Lakukan senam ringan atau istirahat kecil untuk mengembalikan kebugaran dan fokus Sahabat ketika melanjutkan perjalanan.

"Daihatsu terus mendekatkan diri kepada pelanggan melalui sharing tips yang berguna demi menambah keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, agar mudik terasa lebih menyenangkan", ujar Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu (25/5/2019).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.