Jelang Lebaran, Stok MPV dan SUV di Bawah Rp 90 Juta Meningkat

Oleh Arief Aszhari pada 24 Mei 2019, 15:03 WIB
Pilihan mobil bekas dengan harga Mitsubishi Xpander (Oto.com)

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati Lebaran, pencarian mobil bekas di situs jual beli online mengalami peningkatan. Bahkan, stok MPV dan SUV saat ini berlimpah.

Berdasarkan data yang diberikan OLX, kedua segmen tersebut memang tidak hanya menjadi buruan jelang lebaran, tapi juga mobil dengan supply dan demand yang tinggi sepanjang tahun.

"Kami memantau adanya kenaikan supply untuk mobil-mobil dengan segmen MPV dan SUV, sepanjang bulan Ramadan ini jika dibandingkan dengan periode yang sama, tahun lalu," jelas Ivo Wassenaar, Head of Automotive Category OLX Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (24/5/2019).

"Merek-merek seperti Toyota Kijang, Honda CR-V, Daihatsu Espass, Suzuki APV, dan Grand Livina mengalami kenaikan dari segi supply. Kami bahkan memantau pergerakan supply untuk mobil-mobil tersebut di kisaran harga 40 – 90 juta," tambah Ivo.

Menurutnya, kisaran harga tersebut cukup terjangkau bagi pembeli yang ingin memanfaatkan mobil bekas untuk mudik Lebaran. Dengan harga Rp 40 juta sampai Rp 90 juta, calon pembeli dapat mencari mobil-mobil SUV dan MPV keluaran tahun 2000 ke atas, dari berbagai macam merek.

Sedangkan kelas MPV bekas seharga Rp 40 juta sampai Rp 60 juta, Toyota Inova menjadi mobil dengan supply tertinggi. Mobil merek ini mengalami kenaikan supply sebanyak 11 persen sepanjang bulan Ramadan, dari 1,820 menjadi 2.010 unit.

Sementara itu, di kelas SUV, supply terbanyak didominasi oleh Honda CR-V, dengan kenaikannya mencapai 11 persen, yaitu dari 440 menjadi 490 unit.

2 of 2

Nissan Grand Livina

Sementara itu, untuk kisaran harga Rp 70 juta sampai Rp 90 juta, Nisan Grand Livina menempati urutan dengan suplai terbanyak dengan 2,970 unit.

Berbeda dengan Toyota Inova dan Honda CR-V, Nisan Grand Livina meskipun masih menjadi suplai terbanyak, tapi justru mengalami penurunan sebesar dua persen dibanding tahun lalu.

Segmen SUV pada kisaran harga yang sama, Nissan X-Trail mengalami kenaikan suplai sebesar 12 persen dari 720 unit menjadi 820 unit.

Beberapa merek mobil yang juga mengalami kenaikan suplai dibandingkan Ramadan tahun lalu, antara lain Daihatsu Espass (21 persen), Mitsubishi Kuda (19 persen), Suzuki APV (10 persen), Ford Escape (37 persen), Suzuki Grand Escudo (15 persen), Honda Odyssey (10 persen), dan Chevrolet Captiva (17 persen). Semua merek tersebut dijual di kisaran harga Rp 40 juta sampai Rp 90 juta rupiah.

Lanjutkan Membaca ↓