Ternyata, Angin Nitrogen Bisa Cegah Karat

Oleh Dian Tami Kosasih pada 23 Mei 2019, 18:05 WIB
Green Nitrogen

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun belakangan, outlet pengisian angin nitrogen banyak dijumpai. Hampir seluruh SPBU menawarkan jasa ini. Ternyata penggunaan nitrogen pada ban kendaraan ternyata memiliki banyak kelebihan.

Selain lebih tahan lama dibandingkan angin biasa, nitrogen juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, seperti dilansir Wahana Honda, Kamis (23/5/2019).

Berikut Enam keunggulan angin nitrogen dibandingkan angin biasa

1. Nitrogen Lebih Dingin

Pada dasarnya, nitrogen mempunyai sifat dingin. Berbeda dengan udara biasanya yang mudah memuai saat suhunya naik. Ketika menggunakan nitrogen, Anda enggak akan mengalami ban meletus saat motor terjemur matahari.

2 of 3

2. Molekul Nitrogen Lebih Besar

Selain lebih dingin, molekul pada nitrogen juga lebih besar dari pada molekul angin biasa. Karena itu, nitrogen dinilai lebih awet.

3. Dijamin Anti Air

Kandungan dari nitrogen adalah 95 persen nitrogen dan 5 persen oksigen. Sedangkan angin biasa mengandung 78 persen nitrogen dan 21 persen oksigen dan air, sehingga ada pemuaian massa.

4. Anti Karat

Lagi – lagi air adalah sumber masalah. Untuk kamu yang masih pakai pelek logam, penggunaan angin biasa yang mengandung air kadang bikin bagian dalam pelek berkarat. Pada pagi hari biasanya udara akan mengeluarkan embun, meskipun sedikit tapi bisa merusak pelek.

5. Tarikan Motor Lebih Ringan

Molekul nitrogen yang besar, padat dan mudah mengisi ruang membuat bentuk ban dalam keadaan maksimal. Nitrogen menawarkan fitur pengisian yang lebih sempurna. Walaupun bentuknya sudah sempurna, namun ban tidak keras, sehingga tarikan akan lebih ringan.

6. Handling Motor Lebih Aman

Selain lebih enteng, kendali motor akan lebih aman dan nyaman karena kondisi ban motor terjaga oleh nitrogen.

3 of 3

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓