Dilarang Meninggalkan 10 Hal Ini di Dalam Mobil

Oleh Liputan6.com pada 21 Mei 2019, 11:03 WIB
Ilustrasi parkiran mobil

Liputan6.com, Jakarta Meninggalkan sesuatu yang penting di dalam mobil saat parkir bukanlah hal yang bagus. Apalagi jika kondisi tempat parkir di bawah terik matahari, akibatnya bisa fatal.

Bahkan ketika parkir saat suhu mencapai 22 derajat celcius, ada baiknya membiarkan mobil kosong. sebab, suhu dalam kabin mobil bisa meningkat hingga 48 derajat celcius hanya dalam waktu satu jam. Maka itu, jangan pernah meninggalkan 10 hal ini seperti dikutip dari Zing.

1. Anak-anak dan Binatang Peliharaan

Bahkan pada suhu dingin pun, meninggalkan anak atau binatang di dalam mobil bisa mengancam nyawa mereka. Pada 2005, penelitian yang dilakukan oleh Stanford University of Medicine (Amerika Serikat) menunjukkan bahwa adanya anak-anak yang meninggal meskipun suhu di bawah 21 derajat celcius. Saat cuaca panas, temperatur di dalam mobil bisa mencapai 70-80 derajat celcius saat mobil berhenti, hal itu jelas sangat berbahaya untuk orang dan bahkan binatang di dalam mobil.

2. Obat Tablet

Pada temperatur tinggi, efek obat akan berkurang. Menurut Dr Minnesota Westberg of Minnesota College of Pharmacy di Amerika Serikat, obat seharusnya disimpan dalam tempat yanng bersuhu antara 20-25 derajat celcius. Ketika cuaca panas dengan temperatur tinggi, banyak obat bisa meleleh.

 

2 of 3

3. Botol Minum dan Kotak Makan

3. Botol Minum dan Kotak Makan

Jika kamu meninggalkan botol plastik berisi air dan tempat makan plastik di dalam mobil yang panas, racun yang terkandung dalam plastik akan meresap ke minuman atau makanan. Bahan kimia BPA bisa mengubah hormon dari waktu ke waktu dan meningkatkan risiko gangguan endokrin.

4. Gadget

Pada temperatur tinggi, baterai dari perangkat elektronik bisa berkurang secara signifikan, terutama baterai lithium-ion. Apple juga merekomendasikan bahwa suhu yang lebih tinggi dari 35 derajat celcius secara signifikan akan mempengaruhi baterai iPhone, iPad, dan MacBook.

5. Sunscreen

Pada hari yang panas, banyak perempuan yang tak melupakan sunscreen. Biasanya juga meninggalkannya di mobil. Tapi temperatur tinggi itu bisa mengurangi efektivitas dari sunsreen.

6. Wine atau Bir

Temperatur yang tinggi adalah musuh dari alkohol. Sebab, suhu yang panas bisa mengurangi kandungan alkohol bahkan rasanya.

 

 
3 of 3

7. Coklat

7. Coklat

Coklat bisa meleleh pada suhu di atas 26 derajat celcius. Itu mengapa jika kamu menyimpan coklat atau permen di tempat yang panas, kedua makanan itu bisa meleleh.

8. Krayon (Pastel)

Seperti coklat, pastel tidak tahan suhu tinggi. Pada suhu 40 derajat celcius warna akan memudar lalu pada suhu 48 derajat celcius akan meleleh. Jika memiliki anak-anak yang membawa krayon, maka jangan biarkan alat pewarna itu tertinggal di dalam mobil.

9. Roda Ban

Ban bisa meledak jika dibiarkan di dalam mobil dengan kondisi suhu panas. The New York Times mengatakan, panas menyebabkan udara di ban mengembang, menyebabkan ban meledak. Temperatur yang tinggi juga melemahkan karet ban.

10. Kacamata

Temperatur yang tinggi bisa menyebabkan kacamata hitam meleleh. Sekaligus mengurangi efek perlindungan matahari dari kacamata itu sendiri.

Sumber: Otosia.com

 

Lanjutkan Membaca ↓