Sukses

Begini Cara Beli Motor Bekas Agar Tidak Ditipu Pedagang Nakal

Pembeli motor bekas terkadang menghadapi keraguan dengan kondisi dan kualitas kendaraan yang hendak dibeli

Liputan6.com, Jakarta - Pembeli motor bekas terkadang menghadapi keraguan dengan kondisi dan kualitas kendaraan yang hendak dibeli. Terlebih, bagi yang tidak memiliki keahlian soal teknis karena bakal mengalami kesulitan mengetahui kondisi bagus atau tidaknya motor yang diminati.

Memang, tanpa pengecekan yang menyeluruh, calon pembeli bisa saja tertipu dengan oknum pedagang nakal. Parahnya lagi, tidak hanya kondisi motor yang kurang baik, tapi juga dari harga yang bisa dibilang lebih mahal dibanding harga pasar.

Melihat hal tersebut, kini calon pembeli motor bekas bisa menggunakan Jubelmoto, layanan jual-beli dan tukar tambah motor dari Otomoto Indonesia yang menjadikan inspeksi sebagai prosedur wajib dalam setiap transaksi.

Layanan ini sendiri, disebut smart inspection, yang dilakukan oleh para mekanik andal Otomoto. Pengecekan ini sendiri, meliputi mesin, kelistrikan, frame dan coverbody, dan juga dokumen. Setelah diperiksa, bakal muncul tingkatan atau grade-nya, mulai dari A sampai E dan juga keluar hasil harga yang sesuai dengan kondisi motor tersebut.

"Smart Inspection Otomoto membantu sekali dalam aktifitas jual beli dan tukar tambah motor. Pasalnya, pembeli bisa memiliki acuan yang jelas mengenai kondisi motor, dan komponen apa saja yang harus diganti. Jadi, pembeli dan penjual bisa menentukan harga setelah ada laporan inspeksi, jadi lebih fair," jelas Susi Irawaty, di sela-sela konfrensi pers dan buka bersama media, di Jakarta Pusat, Jumat (17/5).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biaya Jasa

Untuk menggunakan layanan inspeksi ini, para calon pembeli atau penjual motor bisa langsung mendaftar di aplikasi atau website.

kemudian, mekanik Otomoto bisa datang ke tempat transaksi jual-beli atau calon pembeli bisa membawa sepeda motornya ke bengkel mitra Otomoto.

Menikmati layanan inspeksi ini, calon konsumen hanya harus membayar Rp 50 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini