Sukses

Mengintip Spesifikasi Quadro Qooder, Motor Beroda Empat

Sepeda motor biasanya memiliki 2 roda saja, dan hal tersebut membuatnya lincah di perkotaan. Motor beroda tiga pun bukanlah hal yang aneh lagi. Lantas bagaimana jika sepeda motor memiliki empat roda?

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor biasanya memiliki 2 roda saja, dan hal tersebut membuatnya lincah di perkotaan. Motor beroda tiga pun bukanlah hal yang aneh lagi. Lantas bagaimana jika sepeda motor memiliki empat roda? 

Hal itulah yang coba direvolusi oleh Quadro Vehicles, perusahaan motor asal Swiss. Belum lama ini mereka merilis Quadro Qooder. Modelnya seperti skutik kebanyakan, namun rodanya empat. Kubikasi mesinnya pun ringkas, punya performa layaknya motor, tapi aman dikendarai seperti mobil.

Nilai-nilai inilah yang coba dihadirkan Quadro. Mereka mencoba melahirkan kategorisasi. Quadro Qooder sebagai motor roda empat. Kombinasi kenyamanan dan stabilitas berkendara khas mobil dengan kelincahan serta ketangguhan karakter motor.

Kestabilan itu tercipta dari teknologi Hydraulic Tilting System (HTS), sebuah sistem pemandu suspensi yang sudah dipatenkan oleh mereka. Cara ini memungkinkan sok kanan dan kiri bergerak secara individual naik turun terpisah antara kiri maupun kanan. Tujuannya, memberikan respons yang lebih baik pada setiap manuver.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga

Tokoh di balik Quadro, ternyata orang yang sudah terlibat di motor roda tiga dengan suspensi apik, Lucio Marabase. Ialah Project Manager di Quadro, yang sebelumnya juga ada di proyek motor roda tiga Piaggio dan Yamaha.

Spesifikasi Quadro Qooder seperti skuter kebanyakan. Daya angkutnya dua orang, dengan kapasitas bagasi mumpuni. Kerennya bagasi bisa diakses dari masing-masing bangku. Kendali kemudi juga berbentuk setang, layaknya motor konvensional. Mesinnya 399 cc bertenaga 32,5 Tk dengan penyaluran ke dua roda belakang via transmisi CVT dan sabuk baja.

Harganya mulai 9.900 poundsterling, atau sekitar Rp180 jutaan jika dirupiahkan. Tentu nominal itu belum termasuk aneka pajak yang melekat di masing-masing Negara.

 

3 dari 3 halaman

Penggerak Elektrik

Opsi penggerak elektrik juga ditawarkan Quadro, tergantung negara distribusinya. Qooder merupakan produk ketiga perusahaan ini, setelah sebelumnya merilis dua motor roda tiga. Inovasi mereka di sektor kontrol stabilitas memang tak pernah henti dari waktu ke waktu.

Di mata kami, sejatinya apa yang disodorkan oleh Quadro Qooder tidaklah seinovatif itu. Motor roda tiga, yang punya supremasi stabilitas pengendalian, sudah cukup lama beredar. Bahkan inovasi ini terus berkembang. Sebut saja Piaggio MP3, Yamaha Tricity atau terakhir Yamaha Niken. Semuanya mengandalkan dua roda di depan untuk menaikkan level kestabilan yang tadinya lemah di motor konvensional. Masing-masing punya teknologi khas, yang menjadikannya beda dan lebih baik satu sama lain. Inovasi dari Qooder, hanyalah roda belakang yang kini berformat sepasang roda, hingga total jumlah rodanya ada empat. Sebatas itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini