Sukses

Dilarang Menyiram Piringan Cakram yang Panas, Ini Akibatnya

Rem cakram merupakan sistem pengereman yang dipercaya oleh penggunanya. Rem ini dinilai lebih unggul dibanding rem tromol. Rem cakram bisa memberikan pengereman yang lebih maksimal. Selain itu rem cakram juga lebih cepat dingin.

Liputan6.com, Jakarta - Rem cakram merupakan sistem pengereman yang dipercaya oleh penggunanya. Rem ini dinilai lebih unggul dibanding rem tromol. Rem cakram bisa memberikan pengereman yang lebih maksimal. Selain itu rem cakram juga lebih cepat dingin.

Rem cakram ditempatkan di depan karena tumpuan sepeda motor bisasanya lebih besar di bagian depan. Tapi posisi rem cakram yang berada di luar rentan kotor.

Debu ataupun kotoran yang menempel rem cakram, lama kelamaan bisa merusak cakram. Maka itu, para pemilik sepeda motor wajib untuk rutin melakukan perawatan.

Menurut Wahana Honda, salah satu yang paling penting adalah jangan pernah menyiramnya dengan air saat rem cakram masih dalam kondisi panas. Akibatnya, rem cakram sepeda motor bisa rusak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Rem cakram yang masih panas memang bisa menurunkan performa rem itu sendiri, maka saat dalam kondisi itu lebih baik tunggu dingin. Baru kemudian bersihkan dengan air bersih.

Penggunaan rem cakram juga perlu diperhatikan. Apalagi saat sepeda motor dipakai melintasi jalanan yang menurun.

Kondisi jalan itu akan membuat rem cakram bekerja lebih ekstra dan lebih cepat panas. Cakram yang panas, bisa menurunkan daya cengkeram rem.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.